kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga rumahsakit Columbia Asia Hospitals berpindah tangan ke Hong Leong Group dan TPG


Senin, 16 September 2019 / 10:58 WIB

Tiga rumahsakit Columbia Asia Hospitals berpindah tangan ke Hong Leong Group dan TPG
ILUSTRASI. ilustrasi merger akuisisi ambil alih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga rumahsakit milik Columbia Asia Hospitals di Indonesia akan berpindah kepemilikan. Hong Leong Group, perusahaan yang bergerak di sektor perbankan dan jasa keuangan di Malaysia bersama dengan perusahaan investasi global TPG dari Texas melakukan perjanjian pembelian saham definitif atas Columbia Asia Hospitals di Asia Tenggara, Jumat (13/9).

Tiga rumahsakit ini adalah Rumah Sakit (RS) Columbia Asia Medan, RS Columbia Asia Pulomas dan RS Columbia Asia Semarang.

Transaksi tersebut diperkirakan mencapai US$ 1,2 miliar dan diharapkan selesai pada akhir tahun ini. Dari perjanjian tersebut Hong Leong Group dan TPG akan mendapatkan 17 rumahsakit dan satu klinik naungan Columbia Asia Hospitals. Termasuk 12 rumahsakit di Malaysia, dua rumahsakit dan satu klinik di Vietnam.

Baca Juga: Tahun ini, Medikaloka Hermina (HEAL) prediksi pasien JKN sumbang 45% dari pendapatan

Kendati begitu, 11 rumahsakit di India tidak termasuk dalam bagian transaksi dan operasinya akan tetap di bawah kepemilikan International Columbia US, LLC, yang dikelola oleh Columbia Pacific Management—perusahaan induk Columbia Asia Hospitals—yang berpusat di Seattle, Amerika Serikat.

Direktur Utama Columbia Asia Hospital Dilip Kdambi menjelaskan, di Asia Tenggara di tempat perusahaannya beroperasi masih ada kekurangan layanan kesehatan. Padahal, dalam 20 tahun terakhir, Columbia Asia Hospitals telah membangun dan mengoperasikan 18 fasilitas kesehatan dengan 1.494 tempat tidur di Malaysia, Indonesia dan Vietnam.

"Di bawah Hong Leong dan TPG, kami akan menambah kapasitas sejumlah 898 tempat tidur di Asia Tenggara. Melalui ekspansi dan pertumbuhan yang telah menjadi DNA perusahaan, kami bersemangat untuk terus melayani kesehatan ke masyarakat dengan cara Columbia Asia," jelas Dilip dalam siaran pers, Senin (16/9).

Baca Juga: Iuran JKN akan naik, BPJS Kesehatan: Risiko gagal bayar tagihan RS bisa ditekan

Sementara itu, Direktur Keuangan Hong Leong Group Doon Seong Keat juga menjelaskan bahwa pihaknya optimistis atas kerja samanya dengan Columbia Asia, sebagai rumahsakit dengan skala bisnis yang besar.

"Columbia Asia, dengan skalanya yang besar serta model bisnis yang unik dan beda, menawarkan sarana yang tepat untuk masuk ke sektor kesehatan di Asia Tenggara yang tumbuh secara kuat," jelas Soon Seong Keat.

RS Columbia Asia Hospitals memiliki fokus untuk memberi pelayanan kepada pasien kelas menengah yang pertumbuhannya cukup pesat di Asia. "Seiring dengan pasar industri kesehatan di Asia yang tumbuh secara signifikan, kami melihat sebuah kesempatan yang menarik bagi Columbia Asia Hospitals untuk meningkatkan skala operasinya," jelas Penasihat Senior TPG Tunku Ali Redhauddin.

Baca Juga: Faskes di lokasi ibu kota baru masih minim, emiten rumahsakit mulai ancang-ancang

Direktur Utama Columbia Pasifik, induk usaha Columbia Asia Hospital, Nate McLemore mengatakan kerja sama ini membuat anak perusahaannya bisa memperluas jaringan. Columbia Pacific Management akan tetap menjadi pemegang saham minoritas melalui perusahaan International Columbia US, LLC.

"Model bisnis kami untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau ke kalangan menengah, sangatlah terukur dan bisa diterapkan ke skala besar. Model ini tentunya akan diperkuat dengan keahlian Hong Leong dan TPG tentang pasar serta wawasan bisnis dan kemampuan pengelolaan yang menyeluruh. Kami sangat senang bekerja sama dengan dua organisasi kelas dunia ini untuk semakin mengembangkan dan memperluas jaringan Columbia Asia," jelas dia.

Dalam transaksi ini, Columbia Pacific Management menunjuk Morgan Stanley Asia (Singapore) Pte. bertindak sebagai penasihat finansial.


Reporter: Benedicta Prima
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×