kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toyota Astra serius kembangkan mobil hydbrid


Selasa, 15 Mei 2012 / 14:51 WIB
Toyota Astra serius kembangkan mobil hydbrid
ILUSTRASI. Pengunjung memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Kamis (11/3/2021). Cuaca hari ini di Jawa dan Bali cerah hingga hujan sedang, menurut prakiraan BMKG. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Toyota Astra Motor kian serius menggarap pasar kendaran hybrid di Indonesia. Terlebih setelah beberapa waktu lalu, sejumlah produk unggulannya, Toyota Camry dan Prius, menarik perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebagai tindak lanjut, Menteri Perindustrian MS Hidayat akan menggelar pertemuan dengan pihak Toyota Astra. "Nanti sore (15/5), Toyota Astra Motor dan dari Astra Jepang mau menghadap saya," jelasnya.

Hidayat menjelaskan, maksud dari pertemuan tersebut tidak lain membicarakan tindak lanjut pengembangan kendaraan hybrid di Indonesia. Hal itu meliputi produksi dan kemungkinan kerjasama investasi.

Sebagai informasi, pemerintah mendorong produksi kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan alias hybrid dapat diproduksi di dalam negeri. Setidaknya tahun 2012 ini, kendaraan jenis hybrid ini bisa segera dirilis.

Terkait hal itu, pemerintah berjanji akan memberikan insentif pajak, jika perusahaan otomotif menyanggupi permintaan tersebut. Pasalnya, dengan memproduksi kendaraan hybrid di dalam negeri, dapat memberikan nilai tambah seperti penambahan lapangan kerja baru dan penggunaan komponen dalam negeri.

Toyota Astra sendiri sudah memiliki dua produk unggulan di kelas hybrid, yakni Toyota All New Camry 2.5 Hybrid dan Toyota Prius. Namun kehadiran kendaraan ini kembali membuka perdebatan mengenai potensi pasar mobil “hijau” di Indonesia.

Pasalnya, kendaraan jenis ini kurang mendapatkan sambutan lantaran harganya masih lebih tinggi dengan kendaraan lainnya. Prius dijual Rp 600 juta per unit, padahal spesifikasinya mirip Corolla 1,8 liter yang berharga Rp 300-400 juta.

Sementara itu, Camry konvensional jenis All New Camry 2.5 G dan 2.5 V dijual masing-masing seharga Rp 482,7 juta dan Rp 510 juta. Sedangkan Camry 2.5 Hybrid dijual seharga Rp 635,6 juta. Semuanya dalam kondisi on the road.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×