kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trafik data 3 Indonesia selama lebaran naik 57%


Kamis, 28 Mei 2020 / 11:16 WIB
Trafik data 3 Indonesia selama lebaran naik 57%
ILUSTRASI. Logo 3 (Tri). KONTAN/Daniel Prabowo/03/04/2007


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lalu lintas data 3 Indonesia meningkat hingga 57% jika dibandingkan dengan hari pertama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu. Peningkatan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Duo.

Sebagai contoh, penggunaan Zoom meningkat hingga 87% pada hari pertama Idul Fitri jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya. Selain itu, lalu lintas data untuk penggunaan sosial media Instagram dan TikTok juga melonjak pada hari pertama Idul Fitri.

Baca Juga: Tiga saham pilihan Artha Sekuritas saat IHSG hari ini diperkirakan menguat

Jika dibandingkan dengan hari normal sebelum pembatasan sosial diberlakukan, kenaikan trafik data pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 19%, dan jika dibandingkan dengan hari normal sejak diberlakukannya pembatasan sosial, kenaikan trafik pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 8%.

Untuk layanan SMS dan Voice mengalami penurunan sekitar 20% (SMS) dan 40% (voice) jika dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Hal ini dikarenakan pelanggan sudah banyak beralih menggunakan layanan aplikasi video/telekonferensi.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, adanya pandemi ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas, banyak yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi. Optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro yang telah kami lakukan juga telah berhasil mengantisipasi kenaikan lalu lintas data dengan baik dan menjaga koneksi pelanggan 3 selama Hari Raya Idul Fitri," ujar M. Buldansyah, wakil presiden direktur 3 Indonesia dalam siaran pers, Kamis (28/5).

Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah melakukan upaya peningkatan jaringan di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia. Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 35 POI di Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga: Terpopuler Global: Inggris siap asah kapak perang | Raja Judi Macao meninggal

Selain itu, untuk semakin memastikan penyediaan jaringan yang andal, 3 juga telah membangun 2.500 BTS baru, serta menambah kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area pemukiman penduduk. 18 unit armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan di sejumlah titik strategis. Optimisasi juga dilakukan di area rumah sakit rujukan COVID-19.

“Kami berharap semoga pandemi ini bisa segera kita lalui, sementara itu mari bersama kita patuhi peraturan pemerintah dengan menjalankan prosedur pembatasan sosial dan menjaga kesehatan serta kebersihan sekitar, semoga kita bisa segera bertemu kembali dengan keluarga dan teman tercinta. Jaringan 4,5G Pro 3 akan selalu hadir mendampingi seluruh pelanggan agar #DirumahOnTerusss,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×