Reporter: Michelle Clysia Sabandar | Editor: Sofyan Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) berhasil melalui masa krusial selama liburan Lebaran. Hal ini dibuktikan dengan trafik penggunaan layanan data yang mengalami lonjakan signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa dan dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.
Terjadi lonjakan trafik data hingga 30% jika dibandingkan dengan hari biasa dan 95% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pengguna layanan 4G juga ikut naik hingga 45%.
"Lebaran memang selalu menjadi momen yang krusial bagi kami sebagai penyedia data dan telekomunikasi. Prioritas utama kami adalah memastikan kenyamanan pelanggan," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam keterangan resmi, (19/6).
Menurut Yessie, kenaikan trafik data di Lebaran kali ini sebagai bentuk kelanjutan tren kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir. Masyarakat juga dianggap semakin nyaman menggunakan data untuk mendukung berbagai aktivitas yang dilakukan selama libur Lebaran.
Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi oleh trafik pengguna data streaming (video dan musik) yang mencapai 47%. Semakin meningkatnya kualitas dan perluasan jaringan data 4G dan LTE membuat semakin banyak yang mengakses layanan streaming.
Saat Lebaran kemarin, EXCL tidak hanya memastikan kenyamanan pelanggan dijalur mudik saja namun juga di tempat keberangkatan seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta, stasiun bus, dan rest area.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News