kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,05   -9,21   -0.92%
  • EMAS952.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Trakindo Utama optimistis kinerja penjualan alat berat bisa meningkat pada tahun ini


Selasa, 12 Januari 2021 / 15:07 WIB
Trakindo Utama optimistis kinerja penjualan alat berat bisa meningkat pada tahun ini
ILUSTRASI. Produksi Alat Berat


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 berimbas terhadap merosotnya penjualan alat berat pada tahun lalu. Kendati begitu, PT Trakindo Utama optimistis kinerja penjualan alat berat bisa meningkat pada tahun ini.

Chief Marketing Officer Trakindo David Freddynanto menyampaikan, kinerja penjualan alat berat masih ditopang oleh sektor infrastruktur dan pertambangan, seperti tambang nikel. Berdasarkan jenisnya, excavator diproyeksi masih yang paling diminati dengan small dan medium hex. Namun kebutuhan di setiap sektor akan beragam.

Meski tidak membeberkan secara detail target penjualan Trakindo, tapi David yakin kinerjanya akan berangsur pulih di tahun ini.  "Kami optimistis tahun 2021 akan lebih dari 2020. Penjualan 2021 masih di small dan medium hex sangat dibutuhkan. Alat berat yang paling diminati excavator masih primadona tahun 2021," terangnya kepada Kontan.co.id, Selasa (12/1).

David mengakui kinerja penjualan alat berat sedang tertekan. Bahkan secara umum pertumbuhan pasar alat berat sepanjang 2020 berada di posisi negatif dibandingkan tahun 2019. Sayangnya, dia tidak mengungkap realisasi penjualan Trakindo pada tahun lalu. "Performa bisnis kami berjalan baik meski belum sesuai dengan target," sambungnya.

Yang pasti, jenis excavator kelas small dan medium masih menjadi alat berat yang banyak diminati pada tahun lalu. Menurut David, pembeli alat berat masih berimbang dari segmen pelanggan individual (ritel) maupun korporasi besar.

Baca Juga: United Tractors (UNTR) targetkan penjualan emas capai 340.000 oz sepanjang 2021

Trakindo pun yakin peluang bisnis masih terbuka dan akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan penjualan, seiring dengan program percepatan pemulihan dampak Pandemi. "Kami harap pandemi segera selesai sehingga industri kembali bertumbuh," ungkap David.

Di tengah tekanan pandemi covid-19, pada tahun lalu Trakindo pun menjalankan sejumlah strategi bisnis. Salah satunya dengan menghadirkan ajang promosi  Trakindo Care eVENT, program yang dikemas secara virtual dengan memberi kemudahan penawaran bagi pelanggan dalam memperoleh layanan dan solusi terbaik Caterpillar di seluruh wilayah Indonesia. 

Selain itu, Trakindo juga telah meluncurkan aplikasi khusus untuk pelanggan, yaitu Trakindo Customer Apps yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Playstore. Sehingga pelanggan bisa merasakan secara langsung beragam kemudahan untuk mengakses status transaksi dan pemberian informasi yang cepat dan tepat secara realtime.

Pada tahun ini, Trakindo pun masih menjalankan strategi untuk mendekatkan diri kepada pelanggan serta membangun kepuasan melalui berbagai program inovasi, layanan profesional dan solusi terbaik. "Target penjualan tentu ada, namun yang lebih utama bagi kami adalah kepuasan pelanggan kami," pungkas David.

Selanjutnya: Di tengah pandemi, IPCC catatkan kenaikan volume bongkar muat alat berat

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 How To Sell On Marketplace

[X]
×