kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Harbolnas 2017 tembus Rp 4,7 triliun


Selasa, 19 Desember 2017 / 20:32 WIB
Transaksi Harbolnas 2017 tembus Rp 4,7 triliun


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perhelatan diskon akbar Hari Belanja Online Nasional 2017 (Harbolnas) telah usai digelar dengan partisipasi 254 e-commerce. Program ini beri potongan harga hingga 95.

Berdasarkan data Nielsen, pada saat Harbolnas 2017 tercatat kenaikan rata-rata penjualan hingga 4,2 kali untuk 254 e-commerce yang berpartisipasi ketimbang hari biasa. Bahkan estimasi nilai total transaksi Harbolnas 2017 mencapai Rp 4,7 trilliun dalam kurung waktu 11-13 Desember 2017.

Tak heran, angka ini merupakan hasil upaya yang dilakukan oleh panitia Harbolnas melalui roadshow terhadap UMKM yang tersebar di Surabaya, Makassar dan Medan.

“Nilai total transaksi Harbolnas 2017 mencapai Rp 4,7 trilliun yang meningkat Rp 1,4 trilliun dibandingkan tahun 2016. Meningkatnya transaksi tahun ini ternyata dikontribusi oleh transaksi di luar pulau Jawa yang meningkat 82%," papar Director, Consumer Insight, Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri pada Selasa (19/12) di Jakarta.

Rusdy bilang sekitar 68% konsumen di Harbolnas 2017 adalah orang yang biasa belanja online. Mayoritas dari mereka mengatakan bahwa Harbolnas 2017 lebih baik dari tahun 2016.

Terdapat 27% konsumen yang pertama kali belanja di acara Harbolnas, dan acara Harbolnas tahun ini cukup berhasil menarik konsumen yang pertama kali belanja online yakni sekitar 5%.

Rusdy juga menyatakan Harbolnas 2017 jatuh di hari kerja, maka aktivitas belanja juga sedikit bergeser ke jam 09.00 – 12.00, 15.00 – 21.00. Selain itu, kebanyakan dari mereka berbelanja menggunakan perangkat mobile (smartphone dan tablet) yakni sekitar 77%, dan mereka mulai meninggalkan browser dalam berbelanja

Meskipun pelaksanaan Harbolnas 2017 sempat kembali diwarnai oleh sejumlah oknum yang menyebarkan informasi yang tidak akurat, namun panitia yakin sebagian besar konsumen cukup puas dengan pelaksanaan Harbolnas tahun ini.

“Kami melihat semakin banyak konsumen yang mencoba transaksi online, untuk itu kami berharap semakin banyak konsumen yang paham dan menjadi lebih cermat lagi dalam
berbelanja dan bertransaksi online berikutnya," ungkap Achmad Alkatiri, Ketua Panitia Harbolnas 2017 sekaligus CMO Lazada Indonesia.

Achmad menyatakan panitia melihat banyak pelaku usaha, termasuk UMKM merasakan peningkatan transaksi online mereka saat Harbolnas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×