Reporter: Leni Wandira | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kampanye 12.12 Birthday Sale 2024 Shopee yang berlangsung dari 15 November hingga 12 Desember 2024, berakhir dengan hasil yang sangat menggembirakan bagi para penjual, khususnya untuk brand lokal dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Shopee mencatatkan peningkatan transaksi Shopee Live yang luar biasa, dengan transaksi untuk brand lokal dan UMKM mengalami kenaikan lebih dari 9 kali lipat selama periode kampanye.
Baca Juga: Lebih 1 Miliar Produk UMKM Terjual di Shopee Live, Belanja Interaktif Kian Digemari
Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengungkapkan bahwa keberhasilan Shopee pada kampanye 12.12 ini tak lepas dari dukungan kuat pengguna, dedikasi para penjual lokal, serta kolaborasi dengan konten kreator yang mempersiapkan strategi terbaik untuk menjangkau audiens lebih luas.
"Hasil kolaborasi seluruh ekosistem Shopee menjadikan perjalanan kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini sangat mengesankan dan berhasil memberikan dampak yang signifikan bagi para penjual," ujar Monica dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Senin (30/12).
Selama kampanye, Shopee menghadirkan berbagai penawaran menarik, mulai dari promo produk brand lokal dan UMKM hingga keseruan berbelanja lewat fitur interaktif seperti Shopee Live. Lonjakan pesanan yang terjadi menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna yang beralih membeli produk-produk lokal dan UMKM melalui platform ini.
Kategori favorit yang berhasil mencatatkan peningkatan signifikan antara lain adalah pakaian wanita, dengan produk seperti cardigan, kemeja, serta tas selempang menjadi pilihan utama.
Penjualan kategori kosmetik dan wewangian juga mengalami kenaikan tajam, dengan produk seperti bedak wajah, lipstik, dan parfum menjadi produk lokal yang paling banyak dibeli.
Baca Juga: Begini Cara Cek Shopee Wrapped buat Melihat Pengeluaran selama Setahun
Tak hanya itu, kategori kebutuhan rumah tangga juga tercatatkan lonjakan luar biasa, seperti produk kebersihan dan binatu yang meningkat hingga 18 kali lipat. Produk seperti sabun cuci piring, pewangi pakaian, dan deterjen menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga menjelang akhir tahun.
Peningkatan transaksi yang signifikan ini menunjukkan bahwa para pengguna Shopee semakin mempercayakan kebutuhan mereka kepada brand lokal dan UMKM, berkat kemudahan berbelanja dan penawaran menarik yang ditawarkan selama Harbolnas 2024.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News