kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transkon Jaya (TRJA) meningkatkan kontribusi pendapatan dari portofolio non-batubara


Minggu, 04 Juli 2021 / 19:03 WIB
Transkon Jaya (TRJA) meningkatkan kontribusi pendapatan dari portofolio non-batubara
ILUSTRASI. Transkon Jaya (TRJA) berniat mengurangi portofolio dari pendapatan yang terkait dengan industri batubara sebanyak 5% di tahun ini.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 yang masih melanda tak menahan laju ekspansi PT Transkon Jaya Tbk (TRJA). Emiten yang bergerak di bidang penyewaan kendaraan dan penyedia layanan jaringan internet ini masih membidik sejumlah kontrak baru dengan memperluas portofolio segmen bisnisnya.

Sekretaris Perusahaan Transkon Jaya Alexander Syauta mengatakan, TRJA terus mengembangkan bisnis di luar portofolio batubara. Maklum saja, saat ini pendapatan dan bisnis penyewaan kendaraan TRJA masih didominasi dari segmen batubara dengan kontribusi hingga 85%. 

TRJA pun melakukan diversifikasi dengan memperluas kontrak baru ke segmen nikel dan infrastruktur. "Perusahaan terus mengembangkan bisnis di luar portofolio batubara termasuk nikel dan infrastruktur. Target bisa mengurangi portofolio dari pendapatan yang terkait dengan industri batubara sebanyak 5% di tahun ini," kata Alexander kepada Kontan.co.id, Sabtu (3/7).

Tak hanya dari lini bisnis penyewaan kendaraan, TRJA juga terus memperluas usaha penyedia layanan jaringan internet. Menurut Alexander, TRJA telah mendapatkan permintaan baru dan akan terus memperluas layanan, khususnya di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Transkon Jaya (TRJA) tebar dividen Rp 4,53 miliar, ini jadwalnya

Kontribusi pendapatan dari lini bisnis jaringan internet pun ditargetkan bisa terdongkrak naik. "Saat ini sumbangsih ke pendapatan sekitar 2,5% dari internet. Kami mengharapkan akan naik menjadi 5% di akhir tahun ini," sambung Alexander.

Sebagai informasi, pada kuartal pertama tahun ini, TRJA menggarap empat proyek terbaru di Halmahera - Maluku Utara, Tarjun - Kalimantan Selatan, Berau - Kalimantan, dan Tumbang Olong - Kalimantan Tengah. Dari sisi wilayah, Alexander mengungkapkan bahwa TRJA akan lebih ekspansif untuk merambah pelanggan di wilayah Indonesia bagian timur. "Saat ini Indonesia timur merupakan daerah yang kami fokuskan. Ini komitmen kami dari semester kedua tahun lalu untuk terus menggali kesempatan-kesempatan baru di sana," imbuh dia.

Dari sisi perolehan kontrak baru, hingga pertengahan tahun ini TRJA sudah mengantongi nilai kontrak sebesar Rp 125 miliar untuk jangka waktu tiga tahun ke depan. TRJA pun mengestimasikan setidaknya bisa mengantongi sembilan kontrak baru di tahun ini.

Baca Juga: Tahun 2021, Transkon Jaya (TRJA) membidik pertumbuhan kinerja sebesar 10%




TERBARU

[X]
×