kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uji COba LRT Jabodebek untuk Umum Mundur Lagi, Kapan Jadwalnya?


Selasa, 01 Agustus 2023 / 09:14 WIB
Uji COba LRT Jabodebek untuk Umum Mundur Lagi, Kapan Jadwalnya?
ILUSTRASI. Kemenhub menyebut uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek untuk masyarakat umum akan dilanjutkan pada awal Agustus 2023. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

UJI COBA LRT JABODEBEK - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek untuk masyarakat umum akan dilanjutkan pada awal Agustus 2023. 

Dengan demikian, pelaksanaan uji coba LRT Jabodebek ini mundur dari jadwal yakni 29 Juli 2023 untuk masyarakat umum. Setelah sebelumnya dijadwalkan dilakukan pada 27 Juli 2023. 

"Direncanakan di awal Agustus," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (31/7/2023) malam. 

Saat ditanya lebih lanjut mengenai tanggal pasti pelaksanaan uji coba ini, dia menyebut rencananya akan dilaksanakan 5 Agustus mendatang. 

Namun dia menekankan, uji coba operasional terbatas dengan penumpang baru akan kembali dilaksanakan setelah uji coba sistem berjalan dengan baik. 

Baca Juga: Menhub Budi Karya Tengah Bahagia Soal LRT Jabodebek, Ini Alasannya

Pasalnya seperti diketahui, uji coba dengan penumpang telah dihentikan sementara oleh Kemenhub sejak 17 Juli lalu lantaran perlu dilakukan pembaharuan sistem LRT Jabodebek. 

"Rencananya demikian (dilaksanakan 5 Agustus 2023) tapi semua tergantung uji coba internal dalam beberapa hari ini," ucapnya. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo. Pihaknya hingga saat ini masih belum dapat melaksanakan uji coba dengan penumpang masyarakat umum. 

"Belum. Kepastian tanggalnya bisa konfirmasi ke Kemenhub," ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023) pagi. 

Baca Juga: Berapa Tarif Maksimal untuk Jarak Terjauh LRT Jabodebek?

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, dalam uji coba internal ini pihaknya ingin memastikan aspek keselamatan telah terpenuhi sebelum nantinya LRT Jabodebek mulai beroperasi secara komersial pada 18 Agustus mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mundur Lagi, Uji Coba LRT Jabodebek untuk Umum Jadi Awal Agustus 2023"
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×