kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Unilever dipastikan melenggang ke Sei Mangkei


Selasa, 06 November 2012 / 19:44 WIB
Unilever dipastikan melenggang ke Sei Mangkei
ILUSTRASI. Terminal penyimpanan minyak PT. AKR Corporindo di Stagen, Kotabaru, Kalimantan Selatan. MNC Sekuritas rekomendasikan beli saham AKRA.. Kontan /Pho-Faisal / 4 Desember 2008


Reporter: Agus Triyono |

JAKARTA. Keinginan PT Unilever Oleochemical Indonesia untuk menjalankan investasinya di kawasan Sei Mangkei, Sumatera Utara segera terwujud. Pemerintah memastikan, perusahaan sudah bisa menggarap proyeknya di akhir tahun ini.

Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan kepastian ini terkait sudah selesainya permasalahan yang menghambat pelaksanaan investasi dari perusahaan tersebut. Baik itu hambatan lahan maupun pemberian fasilitas tax holiday. Hatta menjamin bahwa segala masalah pengadaan lahan untuk investasi Unilever sudah selesai semua.

“Masalah tata ruangnya alhamdulillah semua sudah selesai, sekarang tidak ada satu hambatan apa pun jadi kami harapkan akhir tahun ini Unilever sudah mulai bisa groundbreaking,” kata Hatta di Kantornya Selasa (6/11).

Pemberian fasilitas tax holiday atau pembebasan pajak bagi Unilever juga sudah disetujui. Masuknya Investasi Unilever ke Sei Mangkei diharapkan bisa menarik investor-investor lain untuk juga ikut masuk ke salah satu Kawasan Ekonomi Khusus tersebut.

Untuk mewujudkan itu, pemerintah juga akan meningkatkan daya tarik Sei Mangkei sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus. Ini, dilakukan dengan cara membangun beberapa infrastruktur pendukung untuk menunjang masuknya investasi ke wilayah itu.

“Kami akan segera membangun jalur kereta api yang menuju Kuala Tanjung sepanjang 24 kilometer, kami kuatkan juga jalur kereta api yang menuju Belawan,” kata Hatta.  

Selain kereta api, pemerintah juga akan mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung. Nantinya, pembangunan proyek infrastruktur penunjang di Sei Mangkei akan diserahkan kepada BUMN.

“Dengan ini, Sei Mangkei akan menjadi sebuah kawasan yang luar biasa, ada Pelabuhan Kuala Tanjung yang dihubungkan dengan kereta api, ada Inalum juga yang 2013 kembali ke kami dan akan kami bangun menjadi kawasan industri besar berbasis alumina,” kata Hatta.

Perlu diketahui, Sei Mangkei merupakan salah satu kawasan ekonomi khusus yang Oktober 2011 lalu ditetapkan oleh pemerintah untuk mendorong masuknya investasi. Namun, ketika Unilever mencoba menginvestasikan dananya sebesar Rp 1,2 triliun di kawasan tersebut untuk membangun pabrik oleochemical, ternyata banyak hambatan yang dihadapi.

Hambatan tersebut berkaitan dengan peliknya masalah pengadaan lahan bagi Unilever. Sampai- sampai, atas permasalahan tersebut Hatta harus marah- marah Pemda Simalungun. Dia bahkan sempat mengancam, akan memindahkan Kawasan Ekonomi Khusus yang sebelumnya telah ditetapkan di Sei Mangkei ke daerah lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×