kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Utilisasi digital Astra Otoparts (AUTO) semakin meningkat selama pandemi corona


Jumat, 26 Juni 2020 / 17:34 WIB
Utilisasi digital Astra Otoparts (AUTO) semakin meningkat selama pandemi corona
ILUSTRASI. Layanan pesan antar Shop & Drive dari PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kegiatan bisnis PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) ikut terdampak Corona. Meski penjualan suku cadang lewat offline terhambat, manajemen AUTO mengakui selama pandemi terjadi percepatan utilisasi digital. 

Yusak Kristian Solaeman, Direktur PT Astra Otoparts menjelaskan selama masa pandemi bergulir, permintaan sparepart secara umum mengalami penurunan karena kegiatan dibatasi sehingga jarak tempuh kendaraan menjadi lebih pendek. Alhasil,  kegiatan mobilitas berkurang. 

Baca Juga: Kurs rupiah menguat, begini dampaknya bagi Astra Otoparts (AUTO)

Namun selama pandemi ini kendaraan yang sudah beroperasi tetap butuh perawatan. Yusak bilang beberapa pemilik kendaraan tetap peduli terhadap perawatan kendaraan untuk bagian suku cadang yang tidak bisa ditunda penggantiannya, Yusak sebut sebagai critical parts

"Seperti aki, kalau mati tetap harus beli baru, oli juga. Satu lagi adalah noncritical parts. Suku cadang atau servis sedikit berbeda yang bisa ditunda pembeliannya sampai aktivitas normal kembali," jelasnya dalam MarkPlus Industry Roundtable edisi ke-sembilan belas via aplikasi Zoom, Jumat (26/6). 

Yusak melihat fenomena menarik selama pandemi Corona, yaitu perubahan kebiasaan pelanggan baik itu dari Business to Business (B2B) maupun Bussiness to Costumer (B2C). Perubahan tersebut adalah kebiasaan pelanggan yang beralih transaksi melalui online

Adapun perubahan kebiasaan sudah ditopang dengan channel penjualan online Astra Otoparts melalui astraotoshop.com sehingga pemesanan dan pengiriman barang bisa terus berjalan. Sementara itu untuk pelanggan B2C, Yusak menjelaskan aktivitas service yang dilakukan di rumah khususnya ganti oli naik signifikan, padahal sebelumnya fasilitas home service lebih banyak ganti aki. 

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) bagi dividen dengan yield 4,72%, catat jadwalnya

Yusak mengungkapkan perubahan kebiasaan ini membuat utilisasi digital terjadi percepatan. Terjadi peningkatan pemesanan lewat online meningkat drastis yang ditandai dengan jumlah end user sign up melonjak hingga 100% setiap bulannya. 

"Saat ini bisnis tetap bisa jalan dengan online meski tidak seratus persen. Kami mencatatkan penurunan omzet selama periode year to date pada Mei kurang dari 20% dan kami yakin pada Juni akan lebih baik," kata Yusak. 

Yusak memproyeksikan di kuartal III sampai kuartal IV mendatang, khususnya untuk segmen replacement market akan lebih baik. Sementara itu untuk pasar Original Equipment Manufacturer (OEM), Yusak mengatakan kegiatan bisnis di segmen ini sejalan dengan prediksi para pemasok OEM bahwa akan ada penurunan cukup besar dan akan berlanjut hingga akhir tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×