kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vastland Indonesia (VAST) Optimistis Permintaan Gudang Masih Positif pada 2024


Minggu, 14 Januari 2024 / 13:04 WIB
Vastland Indonesia (VAST) Optimistis Permintaan Gudang Masih Positif pada 2024
ILUSTRASI. PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) optimis permintaan gudang masih akan menunjukkan tren positif di tahun 2024


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) optimis permintaan gudang masih akan menunjukkan tren positif di tahun 2024. 

Sepanjang tahun 2023 yang dialami Perseroan menunjukkan angka peningkatan, Perseroan optimis bahwa permintaan akan gudang masih akan menunjukkan tren positif dalam jangka panjang.

Selama Kuartal-III 2023 sektor transportasi dan pergudangan mencatatkan pertumbuhan tertinggi yaitu 14,74% YoY dengan kontribusi 5,98% terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Tentu hal ini yang juga menjadikan Perseroan semakin optimis bahwa prospek pergudangan masih cerah, ekonomi yang semakin berputar sehingga kebutuhan akan pergudangan juga terus tinggi," ujar Direktur Keuangan VAST Stanley V, Gunawan kepada KONTAN, Minggu (14/1). 

Baca Juga: Rogoh Rp 97,5 Miliar, Vastland Indonesia (VAST) Akuisisi Gudang Baru

Untuk itu VAST yakin bahwa permintaan gudang di tahun 2024 akan terus tumbuh positif sejalan dengan perkembangan ekonomi nasional yang semakin merata, didukung oleh proyek-proyek infrastruktur kunci seperti pembangunan jalan raya nasional dan jalan tol.

Sebagai perusahaan yang memiliki sejumlah gudang terutama di Pulau Sumatera yang terdapat banyak proyek infrastruktur, VAST turut merasakan dampak positif dari pertumbuhan ini.

Keberadaan gudang-gudang VAST di wilayah ini tidak hanya mendukung kebutuhan logistik, tetapi juga menjadi faktor penting dalam mendukung proyek-proyek pembangunan nasional, memperkuat posisi Perseroan dalam industri pergudangan.

Akhir Desember 2023 Perseroan resmi melanjutkan ekspansi di wilayah Tangerang. Ekspansi yang dilakukan sekaligus menambah diversifikasi pelanggan Perseroan, sehingga harapannya dapat menjadi tambahan revenue bagi Perseroan ke depannya. 

"Penambahan gudang di wilayah Tangerang ini berpotensi tingkatkan omzet Perseroan hingga 30%," harapnya. 

 

Saat ini VAST sudah memilihi lebih dari 25 gudang yang terdiri dari general warehouse dan built-to-suit warehouse yang tersebar di wilayah Sumatera dan Jawa, serta yang baru-baru ini adalah gudang di wilayah Tangerang. Perseroan tercatat memiliki lebih dari 15 tenant yang terdiri dari distributor, industri FMCG, last mile logisticfulfillment center, dan retail.

Stanley bilang, Perseroan terus berusaha memperluas wilayah gudang Perseroan di beberapa wilayah di Indonesia, serta menambah exposure ke beberapa sektor tenant untuk menambah portofolio Perseroan. 

Selain itu, Vastland juga mengandalkan gudang built-to-suit dan berusaha untuk terus menghadirkan gudang-gudang berkualitas dengan spesifikasi yang diinginkan oleh para pelanggannya dengan kriteria masing-masing. 

Untuk mendukung ekspansi di 2024, VAST siapkan belanja modal atau capex Rp 1 miliar hingga 2 miliar yang akan digunakan untuk keperluan maintenance

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×