kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vidio, platform OTT Grup Emtek, kantongi investasi US$ 150 juta dari Affinity Equity


Selasa, 02 November 2021 / 06:38 WIB
Vidio, platform OTT Grup Emtek, kantongi investasi US$ 150 juta dari Affinity Equity
ILUSTRASI. platform OTT, Vidio


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu private equity terbesar di Asia, Affinity Equity Partners (Affinity) melakukan investasi sebesar US$ 150 juta ke PT Vidio Dot Com (Vidio), platform OTT Indonesia yang dimiliki PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang berada di bawah naungan PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek), dengan penilaian pre-money valuation sebesar US$ 750 juta.

Kesepakatan ini merupakan penerimaan investasi eksternal pertama bagi Vidio, di mana SCMA bermitra dengan Affinity untuk mendorong pertumbuhan Vidio di Indonesia dan memperkuat posisinya sebagai market leader.

CEO Vidio Sutanto Hartono menjelaskan, dengan investasi tersebut, Affinity akan bergabung dengan jajaran direksi Vidio dan akan bermitra dengan Vidio untuk mempercepat pertumbuhannya serta memperluas kepemimpinan pasarnya di Indonesia.

Investasi ini akan mendukung Vidio untuk memperluas kesuksesan Vidio Original Series, memperkaya konten dengan menambah lisensi konten Olahraga, dan berinvestasi untuk mengedepankan pengalaman pelanggan dalam menyaksikan tayangan live streaming disertai gamifikasi.

Baca Juga: Emtek Grup genggam saham minoritas di RANS Entertainment

“Ini menandai tonggak sejarah baru bagi Vidio. Kami berusaha terus fokus pada pengguna dengan menawarkan pengalaman streaming terbaik dan konten premium eksklusif terlengkap bagi pengguna. Kami sangat bangga bermitra dengan Affinity, dan dengan kemitraan ini serta didukung oleh talenta-talenta terbaik, kami akan mengambil lompatan besar ke depan dalam memberikan kualitas dan nilai yang luar biasa kepada pelanggan Vidio,” kata Sutanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (1/11).

Managing Director dan Head of South East Asia Affinity Benny Lim mengatakan pihaknya mengapresiasi kemitraan dengan Emtek Group dan Vidio dalam terus membangun OTT, yang menggambarkan masa depan sektor media di Indonesia.

Dengan ekosistem media dan digital yang dimiliki Emtek dan tim manajemen yang kuat, ini menjadi faktor penting dalam perjalanan kesuksesan Vidio di industri OTT Indonesia yang sangat dinamis.

"Affinity akan memanfaatkan jaringan luas yang dimiliki di seluruh Asia untuk mendukung inisiatif pertumbuhan Vidio, terutama di bidang konten dan gamifikasi untuk memperkaya konten live streaming,” sebut Benny.

Adapun Vidio merupakan platform Iokal OTT #1 di Indonesia dengan live dan video on-demand content library terbesar di Indonesia. Vidio juga mendominasi produksi serial original Indonesia atau biasa disebut Vidio Original Series, serta siaran langsung tayangan olahraga lengkap, baik lokal maupun internasional (Liga 1/2/3, UEFA Champions/Liga Europa, NBA, F1, WTA, dll).

Baca Juga: Didukung berbagai katalis positif, berikut rekomendasi saham SCMA

Selain itu, Vidio juga menawarkan deretan judul film dan drama Indonesia dan internasional, konten e-sports, anime, dan pendidikan/anak-anak. Per September 2021, Vidio telah mengalami peningkatan jumlah monthly active users mencapai 62 juta pelanggan.

Vidio memimpin pasar di berbagai matriks seperti: Aplikasi #1 dalam kategori Entertainment di Google Play Store, #1 OTT dengan unique visitors (Comscore, Agustus 2021), dan #1 OTT untuk daily active users di seluruh Asia Tenggara (MPA, Q2 2021).

Vidio menjadi platform dengan jumlah peluncuran Original Series terbanyak di Indonesia, termasuk judul-judul yang sukses seperti Turn On, Paradise Garden dan Live with My Ketos. Salah satu Vidio Original Series, Serigala Terakhir, memenangkan dua penghargaan di Content Asia Awards pada September 2021.

Sebagai bagian dari ekosistem digital dan media yang dimiliki SCMA dan grup Emtek, Vidio memiliki benefit langsung melalui sinergi aset-aset di seluruh value chain yang merupakan dapat mendorong kesuksesan Vidio di dunia OTT.

Langkah ini turut menandai investasi sektor teknologi kedua Affinity di Asia Tenggara dan melanjutkan rekam jejak investasi Affinity di media dan hiburan yang mencakup Loen Entertainment, TEG, dan Skylife. Vidio akan menjadi bagian dari portofolio bisnis teknologi Affinity yang berkembang pesat, seperti MDAQ, SSG.com, JobKorea, Yogiyo, dan lainnya.

 

Selanjutnya: IHSG hari ini diramal melemah lagi, saham-saham ini bisa dicermati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×