Reporter: Feri Kristianto | Editor: Dupla Kartini
JAKARTA. Pasar industri kreatif di Indonesia masih menjanjikan bagi Wacom Ltd. Makanya, produsen tablet ini menargetkan, tahun depan penjualan produk mereka meningkat di negeri ini.
"Target bisa sampai 9.000 unit di 2012, atau naik 20% dari tahun ini," ujar Joshua Siregar, Manajer Pemasaran PT Datascript, distributor produk Wacom di Indonesia, pada Selasa (4/10).
Adapun, tahun ini, target penjualan Wacom sebanyak 7.500 unit. Namun, Joshua tidak menyebutkan sudah berapa banyak produk yang terjual tahun ini. Hanya saja dari total penjualan tahun ini, 60% disumbangkan oleh jenis tablet Bamboo.
Nah, agar penjualan semakin kencang, hari ini, Wacom meluncurkan produk terbaru, yakni Bamboo generasi ketiga, dan Cintiq 24HD. Keduanya merupakan tablet untuk menggambar secara digital, hanya saja khusus Cintiq berukuran besar yaitu 24 inchi, karena ditujukan bagi profesional.
Menurut Joshua, kehadiran kedua produk baru ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan tahun ini dan tahun depan. Apalagi produk Bamboo cukup banyak peminatnya. Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia mendukung perkembangan pasar yang cukup besar pada produk Wacom. Pasar kedua produk ini seperti, ilustrator, desainer, animator, editor video, dan kreator lain.
Sebagai gambaran, saat ini Wacom menguasai 80% penjualan tablet untuk menggambar di Indonesia. Namun, Joshua mengaku, meski besar sebenarnya penjualan Bamboo masih terbilang kecil. Sebab, total penjualan di seluruh dunia sejak 2009 - 2010 mencapai 2 juta unit. "Pasar terbesar tetap di Amerika Serikat," kata Joshua.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News