kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45729,74   -6,98   -0.95%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Walau pasar mobil lesu, Prestige tetap luncurkan produk baru


Rabu, 28 Agustus 2019 / 21:24 WIB
Walau pasar mobil lesu, Prestige tetap luncurkan produk baru
ILUSTRASI. Showroom mobil sport

Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya pasar mobil biasa, tetapi pasar mobil mewah diprediksi akan turun. Kondisi ekonomi dan politik tak menentu diyakini penyebabnya

Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars menjelaskan pasar tahun ini menurun. "Karena market sedang lesu," kata Rudy, Rabu (28/8).

Sedangkan untuk pasar premium kendaraan bekas masih sedikit baik ketimbang penjualan mobil baru. "Used car masih sedikit naik tetapi untuk merk tertentu saja," paparnya.

Baca Juga: Karena Aturan Ganjil Genap, Bisnis Mobil Bekas Semarak Kembali

Secara umum pasar kendaraan mewah sudah turun sejak 2014 ketika dolar Amerika Serikat (AS) sudah menguat dan aturan PPnBM pertama kepada mobil mewah dikenakan. Sejak 2014 pasar super car sudah turun 50%.

Rudy menjelaskan secara populasi pasar kendaraan supercar sejatinya sangat kecil. Bila rata-rata penjualan mobil nasional di angka 1 juta unit per tahun, pasar kendaraan ini menurutnya di bawah 1% dari penjualan nasional.

Sejatinya pasar mobil mewah sudah turun dari tahun lalu. Hal ini imbas dari langkah pemerintah berupaya keras dalam mengerem laju impor barang konsumsi, yang berujung pada penyesuaian PPh pasal 22.

Baca Juga: Pembiayaan mobil listrik belum menawan

Di luar itu, pemerintah juga mengeluarkan instrumen tambahan dengan menaikkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil mewah mencapai 10%-125% dari sebelumnya 2,5%-7,5%. "Oleh karena pergerakan penjualan mobil barunya lemah. Jadi harus diversifikasi produk," kata Rudy.

Dalam waktu dekat Prestige akan meluncurkan produk Tesla 3 seri terbaru. Sebelumnya Prestige telah menjual Tesla Seri X dan Seri S. Catatan saja saat ini Prestige mengimpor beberapa merek supercar di antaranya Aston Martin, Ferrari, Lamborghini, Koenigsegg, Rolls Royce, Bentley dan McLaren.




TERBARU

Close [X]
×