kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,02   3,68   0.41%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wika Beton (WTON) Kantongi Rp 176 Miliar Dari Proyek Pelabuhan Patimban


Selasa, 22 Maret 2022 / 18:02 WIB
Wika Beton (WTON) Kantongi Rp 176 Miliar Dari Proyek Pelabuhan Patimban


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelabuhan Patimban diproyeksikan dapat rampung pengerjaannya pada tahun 2027. Pelabuhan berstandar internasional tersebut berperan untuk memfasilitasi perkembangan pasar ekspor serta mengurangi lalu lintas di pelabuhan Tanjung Priok.

Sebagai informasi, di dalam area Pelabuhan Patimban akan terdapat fasilitas pelabuhan, seperti dermaga peti kemas, dermaga kendaraan, perpanjangan trestle, lapangan penyimpanan kendaraan, lapangan penumpukan peti kemas, area reklamasi, pengerukan kolam dan jalan pelabuhan gedung administrasi.

Nah, anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) yakni PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) merupakan salah satu perusahaan yang turut membangun Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

“Sepanjang proyek pelabuhan di Patimban, Wika Beton mendapat 3 paket pengerjaan yaitu terminal construction, connecting bridge dan access road dengan total nilai sebesar Rp 176 miliar,” ungkap Sekretaris Perusahaan WTON Yuherni Sisdwi Rachmiyati kepada Kontan.co.id, Selasa (22/3).

Baca Juga: Wijaya Karya Beton (WTON) Menargetkan Kontrak Baru Rp 7,35 Triliun

Yuherni menambahkan, pada proyek tersebut, Wika Beton menyuplai produk beton pracetak seperti PC Desk Slab, PCI Girder, PC Slab, PC Hollow Girder, PC Spun Spile, dan PC U Girder untuk Paket 1, Paket 3 dan Paket 4 Pelabuhan Patimban.

Terkhusus untuk Paket 3, yakni pengerjaan akses penghubung di atas laut, Wika Beton bersinergi dengan anak usahanya PT Wijaya Karya Komponen Beton alias WIKA KOBE untuk menyuplai produk beton pracetak PC Hollow Girder.

“Tak hanya itu, WIKA Beton juga menyediakan jasa instalasi/erection untuk produk PC Hollow Girder yang telah selesai pengerjaannya pada akhir tahun 2021,” terang Yuherni..

Hanya saja, sejauh ini belum ada paket pengerjaan berikutnya yang diberikan kepada WTON. Yuherni bilang, perseroan masih fokus untuk memaksimalkan pekerjaan yang telah diamanatkan di Pelabuhan Patimban.

 

Ke depan, keberadaan Pelabuhan Patimban ini diharapkan WTON dapat semakin memperkuat ketahanan ekonomi negara serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar wilayah Subang. Pelabuhan yang termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN) ini juga diharapkan dapat mengurangi biaya logistik karena dekat dengan pusat produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×