kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.951.000   23.000   1,19%
  • USD/IDR 16.300   94,00   0,58%
  • IDX 7.166   -38,30   -0,53%
  • KOMPAS100 1.044   -6,02   -0,57%
  • LQ45 802   -6,08   -0,75%
  • ISSI 232   -0,07   -0,03%
  • IDX30 416   -3,18   -0,76%
  • IDXHIDIV20 486   -4,82   -0,98%
  • IDX80 117   -0,79   -0,67%
  • IDXV30 119   -0,02   -0,02%
  • IDXQ30 134   -1,35   -1,00%

Wow, share siaran final leg pertama Piala AFF mencapai 82,5%


Kamis, 30 Desember 2010 / 20:00 WIB
Wow, share siaran final leg pertama Piala AFF mencapai 82,5%


Reporter: Sofyan Nur Hidayat | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Antusiasme para penggila bola di Indonesia memang sungguh luar biasa. Menurut hasil riset The Nielsen Company Indonesia, persentase orang yang menonton atau share siaran pertandingan langsung Piala Suzuki Asean Football Federation (AFF) di RCTI pada paruh waktu final leg pertama tanggal 26 Desember 2010 berhasil mencapai 82,5%.

Para penonton sepertinya memang benar-benar penasaran dengan pertandingan timnas di Malaysia, terbukti dengan pencapaian share sebesar ini terjadi waktu pertandingan berlangsung, yaitu dari pukul 19.00-21.00. Sementara kalau kita lihat secara keseluruhan, RCTI membuat rangkaian acara Piala AFF dari pukul 18.30-21.30 dan perolehan share-nya anjlok menjadi 69,9%.

Sayang, Nielsen belum mengeluarkan hasil share siaran final leg kedua antara Indonesia vs Malaysia pada 29 Desember 2010. "Penontonnya di atas usia 5 tahun dari semua kelas ekonomi," ungkap Managing Director Nielsen Audience Measurement, Irawati Pratignyo.

Arya Mahendra Sinulingga, Sekretaris Perusahaan MNC mengatakan pertandingan sepak bola Piala Suzuki AFF mendapatkan sambutan yang luar biasa dari pemirsa televisi. Arya menyebut audience share dari siaran pertandingan bola Timnas Indonesia itu mencapai 65% hingga 70%. "Menurut saya sepanjang sejarah televisi swasta di Indonesia, pencapaian ini yang paling baik," ungkap Arya.

Jika dibandingkan dengan pertandingan sepak bola Liga Inggris yang juga disiarkan oleh Grup MNC, perbedaannya sangat jauh. Liga Inggris hanya mampu meraih audience share sekitar 19% hingga 25% di Indonesia.

Namun Arya enggan buka-bukaan mengenai perolehan iklan yang berhasil dihimpun RCTI selama piala AFF berlangsung. Yang jelas ia bilang, nilainya tidak signifikan terhadap total keseluruhan pendapatan iklan RCTI. "Karena siaran pertandingan itu hanya dilakukan sebanyak tujuh kali," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Banking Your Bank

[X]
×