kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,64   -21,09   -2.28%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata Mendorong Adopsi Digital dan Teknologi hingga ke Pedesaan


Jumat, 17 Desember 2021 / 00:43 WIB
XL Axiata Mendorong Adopsi Digital dan Teknologi hingga ke Pedesaan
ILUSTRASI. Manajemen XL Axiata saat Hari Pelanggan Nasional


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Digitalisasi harus semakin meluas Maka, XL Axiata meluncurkan program baru bernama Desa Digital Nusantara. 
Program ini bertujuan mendorong pemberdayaan desa dan komunitasnya melalui adopsi teknologi digital ke seluruh eleman kehidupan di desa. Peluncuran berlangsung di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Kamis (16/12). 

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan, saat ini kita semakin masuk ke era ekonomi digital. Padahal masyarakat kita belum semuanya siap, terutama yang di pedesaan. 

“Melalui program ini, kami berniat untuk lebih memaksimalkan lagi usaha-usaha pemberdayaan masyarakat. Dengan memanfaatkan sarana digital  mereka lebih siap masuk dan meraih manfaat dari ekonomi digital, Mengakselerasi adopsi digital oleh masyarakat hingga ke pelosok pedesaan," terang Marwan, dalam paparan daring, Kamis (16/12).  
 
Pemilihan desa di Tanjung Pakis karena besarnya potensi.  Mulai perikanan, tambak, wisata, hingga UMKM. Komunitas penggerak ekonominya beragam dan aktif. Produk yang mereka hasilkan juga punya nilai jual tinggi," ujar Marwan.
 
Desa Tanjung Pakis juga menjadi lokasi landing station Sistem komunikasi kabel bawah laut (SKKL) Echo. SKKL ini dibangun secara bersama oleh Facebook (Meta), Alphabet Google, dan XL Axiata.
 
 Guna mendukung produktivitas olahan hasil laut, XL Axiata juga akan mengimplementasikan perangkat digital berbasis internet of things (IoT) untuk membantu pengolahan ikan asin. Perangkat ini akan membantu proses pengeringan yang lebih berkualitas dengan memanfaatkan energi dari panel surya. Perangkat digital inovatif ini diinisiasi oleh para awardee XLFL  Batch 8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×