kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata perketat keamanan data pelanggan


Kamis, 16 November 2017 / 13:35 WIB
XL Axiata perketat keamanan data pelanggan


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) meraih Sertifikasi ISO 27001 sebagai standar baku penerapan Information Security Management System (ISMS). Sertifikasi ini diberikan kepada perusahaan untuk kemampuannya dalam merencanakan, mengelola, mereview, dan melakukan peningkatan lebih lanjut atas upaya mengamankan informasi di perusahaan.

Dalam hal ini ruang lingkup yang disertifikasi XL Axiata berkaitan dengan data pelanggan. Dengan meraih Sertifikat ISO 27001, maka XL Axiata telah memenuhi sejumlah ketentuan pemerintah yang ditujukan kepada pelaku industri vital dan strategis seperti telekomunikasi.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, perusahaan berkomitmen meningkatkan kenyamanan dan rasa aman bagi pelanggan dengan menerapkan standar internasional ISO 27001. Khususnya dalam menjaga keamanan data pelanggan.

XL sebenarnya sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 27001 sejak 2016 lalu. Namun, masih dalam ruang lingkup yang terbatas pada unit bisnis yang berhubungan dengan produk enterprise. Kemudian, tahun ini, XL memperluas lagi ruang lingkupnya hingga mencakup layanan end-to-end proteksi data pelanggan, baik di sisi layanan telekomunikasi maupun sisi teknologi informasi.

"Bukan hal yang mudah untuk memperoleh Sertifikasi ISO 27001, karena selain harus lolos audit dari badan sertifikasi ISO, juga harus mampu secara konsisten menjalankan sistem keamanan yang sesuai standar tinggi ini secara ketat di mana secara berkala juga dilakukan audit setiap tahun,” terang Yessie dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Kamis (16/11).

Menurut Yessie, dengan berbekal Sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institute (BSI) tersebut, XL Axiata memiliki kemampuan sebanding dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam memproteksi data pelanggan. Pencapaian ini menjadi modal sangat berharga bagi perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan masyarakat luas dalam menggunakan layanan atau solusi XL Axiata.

Sebagai gambaran, BSI merupakan badan sertifikasi ISO sekaligus lembaga yang menjadi rujukan standarisasi di Inggris.

Nilai strategis lainnya yang bisa XL Axiata peroleh setelah meraih Sertifikasi ISO 27001 yaitu bahwa metode dan eksekusi yang selama ini dijalankan untuk mengamankan data pelanggan sudah sesuai dengan standar baku global. Selain itu, XL Axiata juga telah merealisasikan amanat Undang Undang dalam melakukan perlindungan terhadap pengelolaan data pelanggan.

Selanjutnya, sertifikasi ini juga mendorong transformasi kultur perusahaan untuk memprioritaskan aspek keamanan informasi sebagai bagian dari model bisnis digital.

Setelah memiliki Sertifikat ISO 27001, XL Axiata juga akan semakin percaya diri untuk mengembangkan layanan, terutama solusi yang berbasis enterprise dengan pelanggan dari kalangan perusahaan untuk solusi-solusi bisnis tersebut aspek pengamanan informasi dan data sangat krusial. Selain itu, XL Axiata juga bisa mengembangkan solusi berbasis layanan keuangan, seperti misalnya XL tunai, yang juga mengharuskan adanya jaminan keamanan informasi dan data secara ketat, sesuai dengan yang disyaratkan oleh regulator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×