Reporter: Merlinda Riska | Editor: Hendra Gunawan
BANJARMASIN. PT XL Axiata Tbk (EXCL) berharap bisa meraup cuan dari divisi North Region yang terbagi dalam wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Perusahaan ini sudah menyiapkan amunisi dana sebesar Rp 700 miliar tahun ini.
Francky Rinaldo Pakpahan, Vice President North Region XL Axiata, menyatakan, strategi yang diterapkan XL di wilayah ini mirip dengan cetak biru rencana perusahaan ini. Yakni, memperkuat jaringan dengan menambah stasiun pemancar (BTS) dan serat optik (fo) lalu menciptakan kesadaran kepada pelanggan dengan tawaran paket yang menarik. "Kami akan agresif tahun ini. Karena target pendapatan bisa tumbuh 20% tahun ini," ujar dia kepada KONTAN, akhir pekan lalu.
Untuk North Region, XL Axiata bakal memperkuat daerah Kalimantan, terutama Banjarmasin. Sebab di kota ini, pangsa pasar XL mencapai 19% atau setara 1,2 juta pelanggan. Sementara, pangsa pasar XL untuk seluruh Kalimantan cuma 9%. Sampai akhir 2013, jumlah pelanggan XL di Kalimantan mencapai 2 juta pelanggan, sekitar 60% adalah pelanggan data. Tahun ini, jumlah pelanggan XL di Kalimantan ditargetkan bisa tumbuh 30%.
Untuk itu, XL siap perkuat jaringan dengan membangun 175 base transceiver station (BTS) baru, termasuk 50 BTS 3G. Sampai saat ini, jumlah BTS XL di Kalimantan mencapai 1.840 BTS dengan sekitar 600 BTS 3G.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News