kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata segera manfaatkan Palapa Ring Tengah dan Timur


Rabu, 12 Juni 2019 / 16:20 WIB
XL Axiata segera manfaatkan Palapa Ring Tengah dan Timur


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. XL Axiata akan mendukung program pemerintah soal proyek Palapa Ring.Tri Wahyuningsih, General Manager Corporate Communication XL Axiata menyebutkan bahwa pihaknya selalu berkomitmen mendukung pemerintah dalam melakukan pembangunan termasuk pembangunan infrastruktur telekomunikasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk infrastruktur di luar Pulau Jawa disebutnya banyak sekali tantangannya, termasuk kondisi geografis wilayah yang tidak memungkinkan bagi perusahaan untuk menjangkau atau membangun sendiri karena biayanya akan sangat mahal dan tidak efisien.

"Sehingga keberadaan proyek infrastruktur Palapa Ring menurut kami menjadi solusi bagi industri telekomunikasi termasuk XL Axiata untuk bisa tetap menghadirkan layanan di wilayah-wilayah pelosok," ujarnya kepada kontan.co.id, Rabu (12/6).

Ia menuturkan bahwa sejauh ini pihaknya telah memanfaatkan ketersediaan jaringan tulang punggung Palapa Ring Barat untuk mendukung pengoperasian jaringan XL Axiata 4G LTE di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau & Nias. Sayang terkait biaya dan metode pembayarannya ia enggan menjelaskannya.

"Untuk besaran sewa dan metode pembayarannya tentunya sesuai dengan kesepakatan bisnis (B2B) yang sudah disepakati bersama antara kedua belah pihak. Adapun mengenai besarannya mohon maaf, kami tidak bisa menyampaikan," ucapnya.

Dalam waktu dekat, Tri juga bilang akan memanfaatkan tulang punggung Palapa Ring Tengah dan Timur untuk menghubungkan area terluar Indonesia. Untuk lokasnya sendiri ia tak menyebut secara persis. Hanya saja ia memastikan di daerah terluar dan perbatasan Indonesia.

Asal tahu saja untuk Palapa Ring Tengah sendiri baru selesai akhir tahun lalu. Sedangkan untuk Palapa Ring Timur, berdasarkan catatan kontan.co.id, saat ini progres pembangunannya telah mencapai 96,5% yang mana dibaraokan sudah selesai sebelum 17 Agustus nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×