kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.412.000   -13.000   -0,54%
  • USD/IDR 16.645   2,00   0,01%
  • IDX 8.612   -5,26   -0,06%
  • KOMPAS100 1.185   -4,75   -0,40%
  • LQ45 849   -5,56   -0,65%
  • ISSI 307   1,40   0,46%
  • IDX30 438   -1,12   -0,26%
  • IDXHIDIV20 508   -0,68   -0,13%
  • IDX80 132   -0,67   -0,50%
  • IDXV30 139   -0,07   -0,05%
  • IDXQ30 139   -0,10   -0,07%

XLSmart Percepat Pemulihan Jaringan Pasca Banjir di Aceh dan Sumatra


Rabu, 03 Desember 2025 / 19:50 WIB
XLSmart Percepat Pemulihan Jaringan Pasca Banjir di Aceh dan Sumatra
ILUSTRASI. Pemeliharaan BTS; Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan perangkat BTS 4G di atas tower yang berada di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Rabu (24/8/2022). Khusus di Kabupaten Banggai, dalam dua tahun terakhir, XL Axiata telah membangun lebih dari 44 BTS 4G untuk mendukung Tersedianya jaringan telekomunikasi dan internet yang berkualitas hingga ke pelosok Sulawesi Tengah yang akan mendukung peningkatan literasi digital bagi masyarakat setempat.KONTAN/Baihaki/BTS/XL


Reporter: Rilanda Virasma | Editor: Handoyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. XLSMART terus mempercepat pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah yang terdampak banjir dan longsor di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

Group Head Region Tradi Sales West Region Smartfren XLSmart, Winetou Lubis, mengatakan, perusahaan saat ini masih menangani ratusan BTS yang terdampak gangguan akibat bencana.

Tercatat 489 BTS di Aceh, meliputi Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang masih mengalami hambatan layanan.

Di Sumatra Utara, sebanyak 117 BTS terdampak di wilayah Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Kota Sibolga.

Baca Juga: XLSmart Terus Lakukan Pemulihan Jaringan di Area Terdampak Banjir di Sumatra

Sementara di Sumatra Barat, 12 BTS di Kabupaten Padang Pariaman, Tanah Datar, dan Solok juga belum pulih sepenuhnya.

Untuk percepatan pemulihan, XLSmart memperkuat suplai daya dengan penggunaan genset dan baterai cadangan, serta berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah, Kominfo/Komdigi, PLN, dan pemangku kepentingan terkait. Fokus utama perusahaan adalah mengembalikan layanan voice, data, dan konektivitas bisnis kritikal di wilayah terdampak.

Namun, pemulihan di lapangan masih menghadapi tantangan berupa akses geografis yang sulit, ketiadaan pasokan listrik, hingga terbatasnya suplai BBM bagi genset yang menggerakkan BTS.

Sebagai bagian dari dukungan kepada masyarakat dan pelanggan, XLSmart menghadirkan paket kuota, telepon, dan SMS gratis untuk pelanggan yang berada di 51 wilayah terdampak bencana.

Pelanggan XL (prabayar dan Prioritas) serta AXIS dapat mengakses paket bantuan melalui UMB di *505#. Adapun pelanggan Smartfren dapat mengaksesnya melalui *877#.

Baca Juga: Tingkatkan Pengalaman Pengguna dan Monetisasi Trafik, XLSMART Gandeng Telkom

Untuk pelanggan XL dan AXIS, paket bantuan yang diberikan mencakup telepon 10 menit dan 10 SMS ke semua operator, kuota internet 500 MB di semua jaringan, kuota WhatsApp 2 GB untuk 3 hari, serta telepon dan SMS sepuasnya ke XL, Smartfren, dan AXIS. Paket hanya dapat diklaim satu kali dan berlaku hingga 5 Desember 2025.

Sementara itu, pelanggan Smartfren yang mengakses *877# akan mendapatkan kuota internet 2 GB untuk 7 hari, serta telepon gratis ke sesama Smartfren, XL, dan AXIS. Nomor pelanggan yang tengah berada dalam masa tenggang juga akan otomatis aktif kembali.

“Kami berharap kondisi di wilayah terdampak segera membaik, dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa,” ujar Winetou, Rabu (3/12/2025).

Selanjutnya: Prospek Cerah Industri Cat Indonesia Pasca-PCS 2025: Investasi dan Teknologi

Menarik Dibaca: Hujan Sangat Lebat di Provinsi Ini, Cek Peringatan Dini Cuaca Besok (4/12) dari BMKG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi, Tips, dan Kertas Kerja SPT Tahunan PPh Coretax Orang Pribadi dan Badan Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM)

[X]
×