Reporter: Rilanda Virasma | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (EXCL) memastikan proses pemulihan jaringan dan layanan telekomunikasi di area terdampak banjir dan longsor di Sumatra terus dilakukan hingga saat ini. Sejumlah BTS XLSmart yang berada di wilayah Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat hingga saat ini masih mengalami gangguan akibat terdampak banjir dan tanah longsor yang melanda pada akhir November 2025 lalu.
Regional Group Head XLSMART West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, XLSmart turut berduka dan prihatin atas bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Sumatra.
Hingga saat ini, masih ada sekitar 691 BTS XLSmart yang terdampak di sejumlah wilayah, meliputi 538 BTS di wilayah Aceh (Kab. Pidie Jaya, Kab. Aceh Utara, Kab. Aceh Timur, dan Kab. Aceh Tamiang), 120 BTS di wilayah Sumatra Utara (Kab. Tapanuli Tengah, Kab. Tapanuli Selatan, dan Kota Sibolga), serta 33 BTS di wilayah Sumatra Barat (Kab. Padang Pariaman, Kab. Tanah Datar dan Kab. Solok).
Desy mengatakan, tim teknis XLSmart di lapangan terus bekerja intensif selama 24 jam untuk memastikan layanan telekomunikasi tetap tersedia bagi masyarakat serta pihak otoritas yang menangani penanggulangan bencana.
Baca Juga: XLSMART Luncurkan Sarah untuk Layanan Digital yang Efisien dan Praktis
“Tim kami terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan memobilisasi genset untuk menjaga operasional BTS,” terang Desy dalam rilis resmi, Senin (1/12/2025).
Desy menambahkan, dengan kondisi di wilayah yang tergenang banjir dan tertutup longsor menjadi hambatan untuk mempercepat proses pemulihan. Tantangan lainnya adalah keterbatasan pasokan BBM untuk genset dan akses medan yang sulit dilalui oleh tim teknis XLSmart akibat jalan tertutup longsor.
Namun demikian, Desy mengatakan saat ini layanan di beberapa area yang terdampak sudah mulai pulih dan dapat digunakan.
Di samping pemulihan jaringan, XLSmart juga terus berupaya memaksimalkan bantuan bagi korban bencana banjir dan tanah longsor. Bantuan disalurkan bekerja sama dengan mitra kolaborasi DT Peduli, UMKM lokal, mitra diler, dan aparat setempat.
Bantuan berupa paket kebutuhan pokok darurat yaitu sembako, makanan ringan, minuman, kebutuhan bayi dan anak akan didistribusikan oleh XLSmart ke posko-posko pengungsian di enam titik wilayah yang terdampak terberat antara lain Kabupaten Pidie Aceh, Lhoksumawe, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Pariaman, Tanah Datar.
Baca Juga: Tingkatkan Pengalaman Pengguna dan Monetisasi Trafik, XLSMART Gandeng Telkom
Distribusi bantuan sudah mulai diserahkan kepada korban pengungsian pada Jumat (28/11/2025) oleh tim perwakilan XLSmart Aceh dan perwakilan mitra DT Peduli dan akan terus berlanjut di Senin (1/12/2025) di Padang Pariaman, Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal, serta dalam proses distribusi ke wilayah-wilayah yang lainnya.
Desy mengatakan, saat ini XLSmart sudah melakukan penyerahan bantuan di 2 titik lokasi yang terdampak yaitu Pidie Aceh dan Padang Pariaman, sementara dua lokasi yaitu Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal tengah dalam proses perjalanan menuju titik target lokasi, dan akan berlanjut ke dua lokasi lainnya yaitu Tanah Datar dan Lhoksumawe.
“Dengan keterbatasan kondisi di lapangan, kami berupaya maksimal agar bantuan bisa didistribusikan ke wilyah-wilayah lainnya yang terdampak. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat sedikit membantu meringankan beban para korban di pengungsian di enam lokasi tersebut,“ pungkas Desy.
Ke depan, XLSmart berkomitmen menjaga kualitas jaringan agar bisa terus digunakan. Saat ini XLSmart memiliki total pelanggan di Sumatera sekitar 14 juta pelanggan, dan didukung dengan dengan lebih dari 47.000 BTS.
Baca Juga: Jumlah BTS XLSMART Tumbuh 28%, Capai Lebih dari 209.000 Unit pada Semester I-2025
Selanjutnya: Energi Mega Persada (ENRG) Tawarkan Obligasi Rp 500 Miliar, Begini Prospeknya
Menarik Dibaca: Hunian Modern Kian Diminati, LIXIL Buka Experience Center di Bali
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













