kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xurya Jadi Mitra Resmi PLN UID Jawa Barat Jual Sertifikat Energi Terbarukan (REC)


Selasa, 01 Agustus 2023 / 12:48 WIB
Xurya Jadi Mitra Resmi PLN UID Jawa Barat Jual Sertifikat Energi Terbarukan (REC)
ILUSTRASI. PLTS Atap Xurya di Pabrik Bumimulia yang Berlokasi di Merak dan sudah mulai beroperasi sejak awal tahun 2023.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Xurya melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat untuk mendorong pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di wilayah Jawa Barat.

Salah satu fokus utama kerja sama ini adalah program Renewable Energy Certificate (REC), di mana Xurya akan menjadi salah satu mitra resmi PLN UID Jabar untuk penjualan REC.

Sebagai informasi, REC adalah mekanisme sertifikasi energi bersih yang memungkinkan perusahaan atau entitas lain untuk mendukung dan berpartisipasi dalam pengembangan EBT dengan cara membeli sertifikat energi bersih dari suatu pembangkit EBT untuk digunakan sebagai pengurang akuntansi emisi karbon.

Merujuk pada data internal PLN UID Jabar, hingga Juli 2023 ini, REC yang telah diterbitkan oleh PLN UID Jabar berkisar 416.333 unit dari 369 transaksi.

Baca Juga: Xurya Jalin Kerja Sama dengan PLN Icon Plus Targetkan Pertumbuhan Pemanfaatan Energi

Dengan MoU ini, diharapkan REC milik PLN akan lebih banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang tentunya akan semakin mendorong perkembangan EBT yang berkelanjutan.

Eka Himawan, Managing Director Xurya mengatakan, pihaknya sangat antusias menyambut kerjasama dengan PLN UID Jabar dalam mendorong akselerasi pemanfaatan EBT di wilayah Jawa Barat.

“PLN dan Xurya memiliki keahlian yang berbeda. Namun justru karena inilah,  saya yakin bahwa kerja sama antara PLN dan Xurya akan menggabungkan keahlian dan pengalaman yang terbaik dari kedua belah pihak dalam menciptakan dampak positif bagi upaya menjaga keberlanjutan lingkungan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (1/8).

Eka menjelaskan lebih lanjut, khususnya kolaborasi ini juga akan membawa EBT lebih dekat kepada para pelaku industri di wilayah Jawa Barat. Dengan demikian akan mendorong adopsi energi bersih yang lebih luas.

Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat mengatakan kerja sama ini merupakan sebuah langkah inovatif PLN UID Jabar dalam mendukung program Electrifying Lifestyle sebagai bagian dari upaya PLN untuk mendukung  pemerintah meningkatkan pemanfaatan EBT.

Baca Juga: Serena Resmikan PLTS Atap Bekerjasama dengan Xurya guna Tekan Jejak Karbon Perusahaan

“Kerja sama ini sejalan dengan visi kami untuk menjadi perusahaan listrik berkelas dunia yang berkontribusi dalam pembangunan Indonesia yang berkelanjutan,” ujarnya.

Di sisi lain, upaya ini juga menjadi strategi PLN memperluas penggunaan energi terbarukan.

“Kerja sama dengan Xurya akan membantu kami dalam mempermudah masyarakat di Jawa Barat, khususnya pelaku industri, untuk mengelola dan mendapatkan EBT,” tandasnya.

Hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 100 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar.

Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 130 juta kWh energi bersih dan membuat lebih dari 3.100 ketersediaan lapangan pekerjaan hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×