kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harbolnas, nilai transaksi Lazada 10 kali lipat


Kamis, 14 Desember 2017 / 10:55 WIB
Harbolnas, nilai transaksi Lazada 10 kali lipat


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku e-commerce mulai menghitung pencapaian pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2017. Salah satunya, Lazada yang mencetak rekor transaksi tertinggi sepanjang enam tahun menggelar hajatan serupa.

Dalam 1 hari, Lazada mencatat lebih dari 10 kali lipat kenaikan nilai total gross merchandise value (GMV), dan lebih dari empat kali lipat jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasa. Pencapaian ini sekaligus menjadi rekor baru nilai transaksi bagi Lazada dalam enam tahun perhelatan Harbolnas.

“Kami merasa senang melihat antusiasme yang tinggi dari konsumen untuk berbelanja online pada saat Harbolnas ini, bahkan melebihi ekspektasi kami dengan jumlah kenaikan GMV lebih dari 10 kali dibandingkan hari biasanya,” ungkap co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm dalam keterangan tertulis, Kamis (14/12).

Lanjutnya, dibandingkan Harbolnas 2016 pun, jumlah nilai GMV tumbuh sebesar 2,5 kali lipat. Ini merupakan pertumbuhan yang luar biasa. Lazada memang sejak jauh-jauh hari sudah menyiapkan perhelatan ini.

Perusahaan menginisiasi Desember sebagai bulan jualan online nasional (Bujonas) untuk mendorong lebih banyak UKM berjualan online. Sejauh ini, lebih dari 6.000 sellers baru yang bergabung di Lazada turut berpartisipasi dalam Harbolnas dan menjual barang dagangan untuk pertama kalinya.

Salah satunya adalah, Johannes Lie, pemilik toko Tomindo di Lazada mendapatkan lebih dari 3.000 order dalam 24 jam.

Sedikit berbeda dengan pembukaan kampanye Online Revolution 11 November lalu, di Harbolnas ini, kategori fesyen, kesehatan dan kecantikan, gadget dan elektronik, serta produk bayi dan mainan anak, masih menjadi produk favorit di Lazada.

Sedangkan di kategori smartphone, penjualan Xiaomi meningkat drastis dan mendominasi kategori dengan total penjualan sebanyak 75.000 unit smartphone selama sehari.

Selain itu sejumlah brand lain yang menjadi favorit konsumen pada saat Harbolnas 12.12 antara lain, Samsung untuk TV, Harman Kardon untuk audio, dan Sony untuk kamera, serta HP untuk laptop.

Tidak hanya itu, momen Harbolnas ini nampaknya jadi kesempatan bagi konsumen yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru terlihat dengan meningkatnya jumlah pembelian perlengkapan dan dekorasi Natal.

Konsumen mengambil momen awal tepat pukul 00.00 dan 10.00 pagi sebagai waktu favorit untuk membeli perlengkapan yang mereka incar. Asal tahu saja, meskipun Harbolnas sudah usah pada 12 Desember, Lazada masih melanjutkan pesta belanja online tahunan ini hingga Kamis (14/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×