kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 cara efektif menjual rumah dengan cepat


Selasa, 09 Februari 2016 / 14:53 WIB
 Ini 5 cara efektif menjual rumah dengan cepat


Reporter: rumahku.com | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Menjual properti bukanlah perkara mudah. Bagi seseorang saat akan membeli sebuah produk properti layaknya rumah, biasanya akan sangat teliti. Maklum melibatkan banyak uang. Jadi bagaimana cara agar Anda sukses menjual rumah Anda?

1.Kesan Pertama

Kesan pertama menjadi hal yang sangat menentukan. Bayangkan diri Anda sebagai pembeli yang sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk melihat rumah yang akan dijual, tapi ketika pertama melihat dari luar saja langsung mengecewakan Anda. Pasti Anda langsung bad mood untuk melanjutkan niatan Anda. 

Jadi bila Anda ingin menjual rumah Anda dengan cepat, perhatikanlah rumah Anda dengan seksama. Pergilah ke luar dan lihat rumah Anda. Apakah sudah cukup menarik, bersih, dan dalam kondisi baik? Atau ternyata membutuhkan sedikit renovasi.

Kalau Anda merasa tidak bisa secara objektif menilai tampilan rumah Anda sendiri, mintalah bantuan teman Anda untuk memberikan masukannya. 

2.Melakukan Renovasi

Jadi berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan renovasi? Kesalahan yang banyak orang lakukan, katakan harga rumah Anda 100 juta, dan saat Anda melakukan renovasi dapur menghabiskan dana 30 juta, Anda lalu berpikir rumah Anda menjadi seharga 130 juta. Itu membuat rumah agak sulit untuk terjual.

Sebaiknya lakukan perbaikan sepantasnya saja, yang tidak terlalu memakan banyak biaya. Jika memang perlu ada perbaikan yang memakan banyak biaya, bicarakan saja dengan calon pembeli tentang kondisinya. Anda bisa memberikan diskon karena rumah Anda dalam kondisi tidak 100 persen layak.

3.Singkirkan Benda Pribadi

Setelah Anda yakin rumah Anda dalam kondisi layak, saatnya Anda mulai menawarkan rumah Anda. Jika rumah yang Anda ingin jual masih Anda tinggali, pastikan benda-benda seperti foto keluarga, atau benda-benda seni pribadi sudah Anda singkirkan. 

Selain itu, kalau memungkinkan, catlah rumah Anda dengan warna yang netral layaknya putih. Kenapa Anda perlu melakukan hal tersebut? Memberikan kesempatan pada konsumen untuk memvisualisasikan bagaimana mereka akan mendekor rumah nanti jika akan ditinggali. 
 
4.Harga Tepat

Menawarkan rumah dengan harga yang tepat menjadi tips paling penting untuk menjual rumah Anda dengan cepat. Jika terlalu rendah, pastinya Anda rugi. Jika terlalu tinggi, peminat akan pergi dan rumah Anda lama terjual.

Banyak orang berpikir, saat mereka tidak menggunakan jasa agen untuk menjual rumah mereka, berarti mereka telah menghemat uang.  Padahal yang terbaik Anda menghemat bisa menghemat uang sekaligus menghemat waktu. 

Seorang agen profesional biasanya sudah menguasai berapa harga yang layak untuk mereka tawarkan. Anda bisa meminta saran pada mereka. Komisi, sesuai perjanjian Anda dengan agen, berapa persen dari harga jual. Biasanya, 2 persen.

Jangan takut mereka akan menawarkan ke calon konsumen  dengan harga terlalu tinggi. Mereka punya target penjualan, sehingga mereka ingin rumah terjual dengan cepat. Jadi bisa dipastikan mereka akan menawarkan dengan harga yang sewajar mungkin. 

5.Sewa Fotografer Profesional

Seseorang saat ingin menjual rumahnya, biasa mengiklankannya di media, baik cetak maupun online. Jika Anda juga melakukannya, pastikan gambar rumah Anda di foto tampil sebaik mungkin. Ingat, kesan pertama sangat menentukan. 

Untuk menghadirkan tampilan yang menarik, sewalah fotografer profesional. Mungkin Anda bakal mengeluarkan biasaya lebih, tapi kalau ahsilnya sepadan, kenapa tidak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×