: WIB    —   
indikator  I  

Alfacart gandeng komunitas kembangkan O2O

Alfacart gandeng komunitas kembangkan O2O

JAKARTA. Untuk membesarkan bisnisnya, Alfacart.com saat ini tengah fokus memperluas jaringan O2O (online to offline) di luar jaringan Alfamart. Salah satunya dengan cara menggandeng komunitas.

Haryo Suryo Putro, Chief Marketing Alfacart.com mengatakan, konsep O2O diharapkan bisa menjawab permasalahan e-Commerce di Indonesia, seperti masalah kepemilikan rekening bank di Indonesia masih rendah yakni baru 36% (data Bank Dunia) dan biaya logistik yang masih tinggi 24% (Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia, 2016).

"Konsep O2O ini yang telah menjadi kunci keberhasilan Alfacart.com menjadi e-commerce terbesar di Indonesia untuk barang kebutuhan sehari-hari dalam waktu kurang dari satu tahun, dan kami ingin berbagi hal ini kepada pengusaha yang ingin mulai berjualan online,” kata Haryo, Rabu (10/5).

Menurutnya dengan adanya konsep ini, Alfacart tidak hanya mengajak UKM berjualan online, namun calon wirausahawan yang tidak punya produk sendiri pun bisa ikut bergabung. Untuk itu Alfacart.com, lanjut Haryo, menawarkan peluang usaha dengan bergabung menjadi Kios AKU (Alfacart Komunitas Usaha) atau Purchase Point Alfacart.

Haryo menjelaskan kios AKU adalah warung, bengkel atau tempat usaha lainnya dimana konsumen Alfacart.com dapat membayar, membeli bahkan mengambil pesanannya di sana. Asalkan warung, bengkel atau tempat usaha tersebut memenuhi syarat dan yang pasti sudah permanen atau menetap dan sudah buka usaha lebih dari satu tahun.

Sedangkan Purchase Point atau Agen Alfacart adalah perorangan yang mendaftar menjadi agen, siapa pun yang mau belanja di Alfacart.com bisa melalui agen Alfacart. Baik Kios AKU maupun Agen Alfacart akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi di Alfacart berupa pembelian, pembayaran ataupun pengambilan pesanan.

Saat ini komunitas yang sudah bergabung dalam Kios AKU salah satunya adalah komunitas Tangan Di Atas (TDA). 


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Hendra Gunawan

RITEL

Feedback   ↑ x
Close [X]