: WIB    —   
indikator  I  

Alfamart semakin eksis di Filipina

Alfamart semakin eksis di Filipina

TANGERANG. Rencana PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) ekspansi di pasar luar negeri terutama Filipina bakal terus berlangsung pada tahun ini. Malah, pengelola minimarket Alfamart ini merevisi rencana tambahan gerai di negeri Presiden Duterte tersebut.

Sejatinya, Sumber Alfaria akan menambah sekitar 120 gerai Alfamart di sana. Tapi menurut Tomin Widian, Direktur Keuangan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pihaknya justru bakal menambah hingga 200 gerai Alfamart di Filipina sampai akhir tahun ini. "Kami mulai berinvestasi di sana tahun 2014 dan sampai saat ini sudah memiliki 270 gerai (Alfamart di sana)," katanya, dalam RUPS perusahaan ini, Kamis (18/5).

Hans Anggara Prawira, Presiden Direktur Sumbe Alfaria Trijaya, menambahkan, pihaknya optimistis ekspansi bisnis tersebut bakal membuahkan hasil manis. Sebab menurut pantauan manajemen peritel ini, omzet hari per hari setiap gerai Alfamart di Filipina lebih baik dibanding omzet gerai Alfamart yang ada di dalam negeri. Sayang, Hans tidak merinci besarannya.

Dalam ekspansi bisnis tersebut, Sumber Alfaria Trijaya membentuk perusahaan patungan dengan peritel lokal SM Group. Melalui AlfamartRetail Asia Ltd (ARA) yang bermarkas di Singapura serta bekerjasamadengan SM Retail Supermarket, Sumber Alfaria mendirikan Alfamart Trading Philippines Inc di negeri tersebut.

Sejatinya bentuk bisnis minimarket seperti Alfamart memang tergolong bisnis anyar di Filipina. Sebab, pasar ritel di sana lebih banyak berbentuk minimarket kafetaria alias convenience store, seperti Sevel atau Lawson. "Kami optimistis dengan pasar di Filipina, yang pasarnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, " paparnya.

Setelah Filipina, Sumber Alfaria hingga kini masih melihat-lihat potensi pasar sejenis di negara yang lain. Tapi, kata Hans, untuk ekspansi di luar negeri pihaknya masih bakal fokus di Filipina.

Terkait persiapan Lebaran, Hans menyatakan pihaknya sudah menambah volume distribusi produk di seluruh gerai Alfamart. Tujuannya sudah barang tentu untuk bisa menggenjot penjualan yang biasanya melambung di bulan puasa dan Lebaran.

Sedangkan terkait tambahan gerai, dalam catatan KONTAN, manajemen perusahaan ini sejatinya bakal menambah sebanyak 1.200 gerai Alfamart sepanjang tahun ini. Juga sekitar 250 gerai Alfami-di yang berada di bawah bendera PT Midi Utama Tbk.

Lewat aksi tersebut, pendapatan PT Sumber Alfaria Triajya di kuartal I tahun ini naik naik sekitar 12,3%. Dari Rp 12,2 triliun menjadi Rp 13,7 triliun di tahun lalu.

 


Reporter M. Ghiffari L. Alif P.
Editor Rizki Caturini

RITEL

Feedback   ↑ x