kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Arwana Citramulia (ARNA) catatkan peningkatan penjualan di semester I-2019


Senin, 29 Juli 2019 / 17:25 WIB
Arwana Citramulia (ARNA) catatkan peningkatan penjualan di semester I-2019


Reporter: Kenia Intan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja yang positif ditunjukkan oleh perusahaan keramik PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) di semester I 2019. Perusahaan mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebesar 13% year on year (yoy) menjadi Rp 1,04 triliun. Sementara, laba tahun berjalan perusahaan naik secara signifikan sebesar 46,9% yoy menjadi Rp 103,01 miliar.

Di semester II-2019, perusahaan dengan kode emiten ARNA itu optimistis kinerjanya akan lebih baik dibandingkan dengan semester I-2019. 

ARNA membuka semester II-2019 dengan merampungkan tambahan kapasitas sebesar 4 juta meter persegi per tahun. Saat ini, penambahan kapasitas sudah berproduksi dengan utilisasi penuh untuk plant 4B Ogan Ilir. 

Beroperasinya plant 4B Ogan Ilir diharapkan oleh perusahaan dapat memenuhi permintaan keramik lantai UNO berukuran 50x50 cm di Sumatera. Sebelumnya,  permintaan tersebut dipasok dari pabrik di Gresik, Jawa Timur. 

"Dengan demikian diharapkan secara service level akan meningkat untuk konsumen ARNA di Sumatera yaitu dari kecepatan supply, kontinuitas produk dan harga yang lebih terjangkau," kata Chief Operation Officer Arwana Citramulia, Edy Suyanto ketika dihubungi Kontan.co.id, Senin (29/7).  

Selain itu, di semester II-2019 ARNA juga akan memperluas jaringan pemasaran dengan penunjukan sub distributor baru di Ambon dan Kupang (NTT). Hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah outlet yang ada. 

Catatan Kontan.co.id, sepanjang semester I-2019, ARNA telah menambah jumlah outlet sekitar 4%, dari 9.730 menjadi 10.150. Asal tahu saja, penambahan outlet menjadi salah satu pendorong kinerja perusahaan ARNA di semester I-2019. 

Di samping itu, penjualan semester I-2019 juga disokong oleh penjualan segmen keramik menengah-bawah. Segmen menengah-bawah banyak didorong dengan adanya program sejuta rumah, khususnya rumah bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dan program rusunawa untuk dampak positif dari program dana desa.

Sempat disampaikan pula, kinerja ARNA di semester II ini tidak terlepas dari proyek infrastruktur pemerintah yang mulai bergulir.  Pemilihan presiden dan legislatif dinilai berjalan dengan aman, lancar, dan sukses diharapkan bisa memicu gairah sektor properti. 

Optimisme ARNA sejalan dengan industri keramik dalam menyambut pasar di semester II. Dijelaskan oleh Edy, yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Keramik Indonesia (ASAKI), perkiraan utilisasi kapasitas nasional sudah di atas 75%.  

Disamping ada rencana penambahan kapasitas dari beberapa pabrikan yang akan segera beroperasi di semester dua ini sampai dengan tahun 2020. "Perkiraan tambahan 150.000 hingga 180.000 meter persegi per hari," kata Edy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×