Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Kamera keluaran Canon khususnya jenis DSLR masih menguasai pasar di Indonesia meski penjualan kamera secara umum sedang turun.
"Saat ini, market share kamera DSLR kelompok interchangeable lens bertahan di kisaran 50% sampai mendekati 60% dari total pasar," kata Division Manager of Canon Image Communication Product Division Sintra Wong saat peluncuran Canon Powershot G3 X, Selasa (15/9).
"Sementara, market share untuk kelompok kamera saku masih bertahan di kisaran 30% dari total pasar," sambungnya.
Kamera keluaran baru Canon, PowerShot G3 X, sendiri tidak ditargetkan menguasai market share. "Target kuantitas PowerShot G3 X tidak besar. Selama tiga bulan, hingga akhir tahun, targetnya sekitar 1.000 unit," jelasnya.
Canon tidak berani mematok target tinggi untuk Canon PowerShot G3 X yang dijual di pasaran seharga Rp 11.500.000. Pasalnya, karakter pasar di Indonesia berbentuk piramida terbalik.
"Jumlah pembeli kamera dengan harga di bawah Rp 2 juta dan Rp 3 juta tetap memegang porsi terbesar dari penjualan. Sementara kamera premium seperti PowerShot G3 X yang harganya Rp 10 juta ke atas tidak akan banyak porsinya," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News