kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciputra berambisi bikin 15 rumah sakit


Kamis, 31 Januari 2013 / 08:45 WIB
Ciputra berambisi bikin 15 rumah sakit
ILUSTRASI. Harga saham ADRO melesat 13,91% di sesi pertama bursa Selasa (28/9). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo/kye/17.


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Bisnis rumah sakit kian menarik pengembang properti. Selain Lippo Karawaci dan Grup Mayapada, PT Ciputra Development Tbk juga berencana memperluas jaringan rumah sakitnya. Tahun ini, Ciputra akan menambah satu rumah sakit, Ciputra Hospital di Jakarta.

Rencananya, rumah sakit tersebut akan didirikan di perumahan Citra Garden, Jakarta. Ini akan menjadi rumah sakit kedua yang dimiliki perusahaan berkode saham CTRA ini. Pembangunan rumah sakit kedua ini akan dimulai kuartal II 2013, dan selesai enam bulan kemudian.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Ciputra, Tulus Santoso Brotosiswojo menjelaskan, Ciputra Hospital di Citra Garden akan menempati lahan seluas 1,5 hektare (ha), dan memiliki fasiilitas 200 tempat tidur.
Adapun, Citra Garden merupakan proyek perumahan yang dikembangkan Ciputra sejak 1984 silam, dengan luas lahan kurang lebih 450 ha.

Asal tahu saja, bisnis rumah sakit Ciputra ini dijalankan anak usahanya, yaitu PT Ciputra Raya Sejahtera. Tahun lalu, rumah sakit perdana yang berlokasi di perumahan Citra Raya, Tangerang, resmi beroperasi.

Walaupun tahun ini hanya berencana menambah satu rumah sakit, namun ke depannya, Ciputra berencana membangun lebih banyak lagi. "Target kami memiliki 15 rumah sakit dalam waktu lima tahun," ungkap Tulus kepada KONTAN, Selasa (29/1).

Nantinya, proyek-proyek perumahan Ciputra akan dilengkapi dengan rumah sakit, seperti di Surabaya, Palembang, dan Banjarmasin. "Tentunya yang siap saja. Kalau di dekatnya sudah ada rumah sakit, ya tidak usah," papar Tulus.

Kendati demikian, Ciputra belum berniat menjadikan rumah sakit sebagai lini bisnis utamanya. Tulus bilang, bisnis rumah sakit baru bisa memberi kontribusi hingga 10% lima tahun lagi. Sejauh ini, kontribusi rumah sakit masih sangat kecil. Padahal, untuk mendirikan satu rumah sakit butuh biaya Rp 200 miliar.

Di samping menambah rumah sakit, tentu Ciputra akan melanjutkan sejumlah proyeknya di tahun ini. Salah satu proyek teranyar adalah Vida View Apartment di Makassar. Proyek ini mulai digarap pada Desember 2012, dan diprediksi rampung pada 2015.

Ada juga proyek hotel bujet Citra Dream di Cirebon. Groundbreaking hotel pada Desember 2012, dan ditargetkan selesai akhir 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×