kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gapuraprima bangun kondotel


Kamis, 16 Februari 2012 / 09:00 WIB
Gapuraprima bangun kondotel
ILUSTRASI. Bunga Deposito


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Perdana Gapuraprima Tbk terus mengembangkan bisnis propertinya, termasuk di bidang perhotelan. Tahun ini Gapura Prima berniat memfokuskan bisnisnya pada pengembangan apartemen sewa atau kondominium hotel (hotel).

"Dari capital expenditure tahun ini yang sebesar Rp 420 miliar, apartemen sewa diutamakan," jelas Rosihan Saad, Sekretaris Perusahaan Perdana Gapuraprima kepada KONTAN, Selasa (14/2). Gapuraprima sudah masuk ke bisnis apartemen sewa sejak dua tahun lalu. Proyek perhotelan perusahaan aproperti tersebut antara lain Belleza, Permata Hijau dan Great Western Residence (GWR), Serpong.

"Okupansinya bagus, rata-rata 80%," lanjut Rosihan. Untuk mendukung bisnis apartemen sewa, Gapuraprima menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan. Contohnya, GWR bekerjasama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk pelatihan awak atau crew pesawat.

Perdana Gapuraprima mengelola sendiri kondotel GWR. Sedangkan untuk Belleza, Gapuraprima menunjuk Maven Inc sebagai operator kondotel tersebut. Masing-masing apartemen sewa tersebut terdiri dari 90 kamar. Apartemen Belleza mengenakan tarif sewa mulai dari Rp 1 juta per malam, sementara tarif kamar GWR mulai dari Rp 600.000 per malam. "Memang relatif lebih mahal dibanding hotel karena kamar apartemen lebih luas dan fasilitasnya lebih lengkap," papar Rosihan.

Setelah sukses dengan kedua apartemen sewa tersebut, Gapuraprima pun berencana mengoperasikan sebagian kamar dari tiga apartemen yang dimiliknya sebagai apartemen sewa. Ketiga apartemen tersebut antara lain GP Plaza di Gatot Subroto, Jakarta, yang terdiri dari 120 unit kamar. Lalu, Gapuraprima juga akan menyewakan 72 unit apartemen The Bellagio Mansion, Mega Kuningan 200 unit apartemen Kebagusan City, TB Simatupang sebanyak 200 kamar. "Target kami tahun ini mengoperasikan 1.000 kamar apartemen sewa," ujar Rosihan.

Saat ini Gapuraprima masih menyelesaikan pembangunan GP Plaza. Bangunan mixed use ini nantinya akan terdiri dari kantor, apartemen, dan apartemen sewa. Perusahaan menargetkan GP Plaza sudah bisa beroperasi tahun depan.

Di samping itu, Gapuraprima juga terus melanjutkan penyelesaian The Bellagio Mansion. "Diharapkan sebelum hari raya Lebaran sudah beroperasi," ujar Rosihan.

Selanjutnya, Perdana Gapuraprima akan membangun menara ketiga Kebagusan City. Rosihan menjelaskan, menara pertama dan kedua berisi mal dan apartemen. Sedangkan menara ketiga akan berisi apartemen dan apartemen sewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×