kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hitung cermat harga saham Freeport


Jumat, 23 Maret 2018 / 11:06 WIB
Hitung cermat harga saham Freeport


Reporter: Pratama Guitarra, Titis Nurdiana | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mendekati tenggat waktu yang diinginkan Presiden Joko Widodo atas divestasi saham PT Freeport Indonesia harus selesai April 2018, teka-teki harga pembelian hak partisipasi participating interest (PI) 40% Rio Tinto oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) mulai terbuka.

Sumber KONTAN yang mengetahui perundingan harga antara Inalum dan Rio Tinto menyebut, harga pembelian hak partisipasi perusahaan itu di kisaran US$ 2 miliar. Harga itu merujuk Peraturan Menteri ESDM No 27/2013 tentang Tata Cara dan Penetapan Harga Divestasi Saham.

Di aturan itu, penerapan harga saham divestasi harus menggunakan replacement cost atau harga yang memperhitungkan biaya pengganti atas investasi dari tahap eksplorasi sampai divestasi.

Berpatokan itu, tim negosiasi menggunakan harga divestasi 10,64% saham Freeport Indonesia tahun 2016. "Harga 10,64% saham Freeport itu memperhitungkan replacement cost yakni sekitar US$ 630 juta," ujar sumber KONTAN itu. (Ini sekaligus merevisi tulisan KONTAN 21 Maret bahwa US$ 550 juta bukan harga 40% PI Rio Tinto).

Dengan hitungan itu, harga 40% hak partisipasi Rio Tinto empat kali dari saham Freeport atau US$ 2,43 miliar.

Jika nego lancar, Inalum akan mengonversi PI itu menjadi 40% saham di Freeport Indonesia. Lalu, Freeport Mc Moran akan menerbitkan rights issue. Efeknya saham Inalum di Freeport Indonesia yang saat ini mencapai 9,36% akan terdilusi menjadi 5,4%. Adapun saham Freeport Mc Moran dari 90,36% menjadi 54,6%.

Agar Inalum menjadi mayoritas yakni 51%, Freeport Mc Moran akan menjual 5,6% sahamnya di Freeport Indonesia ke Inalum. "Patokan harganya sama dengan replacement cost," ujarnya.

Sayang, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono enggan menjawab informasi KONTAN itu, "Itu ranah Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan Inalum," ujar dia pada KONTAN, Kamis (22/3).

Pun Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno. "Tanyakan ke Inalum, ketua timnya Pak Dirut," ujarnya.

Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin memilih berahasia. "Ya, belum boleh tahu dong," ujar Budi kepada KONTAN.

Yang pasti, Inalum siap akuisisi 40% PI Rio Tinto. "Untuk pendanaan tak masalah. Cash flow Inalum US$ 700 juta, PTBA," tandas Budi.

Hanya, menurut sumber KONTAN, Inalum masih menawar harga 40% PI itu maksimal US$ 2 miliar. Holding tambang ini harus melihat pula audit BPK atas pencemaran lingkungan yang dilakukan Freeport Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×