: WIB    —   
indikator  I  

Holding perkebunan tidak akan ekspansi lahan sawit

Holding perkebunan tidak akan ekspansi lahan sawit

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Holding Perkebunan Nusantara (PTPN III) tidak akan melakukan ekspansi lahan perkebunan sawit miliknya pada 2018. Hal ini sesuai dengan yang tercantum dalam Rencana Kerja Perusahaan (RKP) PTPN III 2018. Saat ini PTPN III akan fokus meningkatkan produksi dengan memperbaiki kinerjanya.

Saat ini luas lahan kebun sawit yang dimiliki oleh holding perkebunan ini seluas 469.000 hektare. Ada pula 76 unit pabrik kelapa sawit dengan rata-rata kapasitas produksi 3.170 ton tandan buah segar (TBS) per jam. Hingga Oktober, Holding PTPN ini berhasil memproduksi 8,9 juta ton TBS dan produksi TBS 1,9 juta ton.

Direktur Utama PTPN III Dasuki Amsir mengatakan, di tahun 2018 perseroan akan berupaya meningkatkan produktivitas kebun sawit. "Saat ini kebun sawit kami ada yang bisa memproduksi 21 ton sampai 28 ton TBS per ha. Kami akan meningkatkan produktivitas dengan program intensifikasi," ujar Dasuki, Selasa (14/11).

Dasuki pun menambahkan, saat ini rata-rata produksi CPO PTPN sekitar 5 ton per ha, dimana dengan peningkatan produktivitas ini, produksi CPO dapat turut mengalami peningkatan hingà 7-8 ton per ha.

Dia bilang, peningkatan tersebut hanya bisa dicapai apabila terdapat program intensifikasi yang terstruktur dan adanya program perkebunan yang berkesinambungan.

Sementara itu, pabrik pengolahan minyak goreng milik PTPN yang sedang dibangun di Sei Mangke masih dalam tahap pembangunan. Rencananya, pabrik ini akan beroperasi pada 2018.


Reporter Lidya Yuniartha
Editor Yudho Winarto

AGRIBISNIS

Feedback   ↑ x
Close [X]