kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Holding perkebunan harus sejahterakan karyawan


Jumat, 03 Oktober 2014 / 23:11 WIB
Holding perkebunan harus sejahterakan karyawan
ILUSTRASI. Kue Kacamata merupakan salah satu jenis jajanan tradisional yang memiliki bentuk unik (Youtube/Rudy Simple TV)


Reporter: Handoyo | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Dalam menjalankan holding PTPN diperlukan transisi yang tidak mudah, khususnya adaptasi budaya mengingat masing-masing perusahaan yang tergabung memiliki keragaman budaya kental. Karyawan juga pasti merasa bahwa saat tempat mereka bekerja menjadi anak perusahaan, mereka tidak lagi berstatus sebagai karyawan BUMN.

Adig Suwandi, praktisi agribisnis dan Senior Advisor Asosiasi Gula Indonesia (AGI) mengatakan, bagi sebagian orang, status sebagai karyawan BUMN ini penting sekaligus kebanggaan. Holding harus terus-menerus melakukan sosialisasi bahwa tujuan utama perusahaan dibentuk adalah meningkatkan kesejahteraan stakeholders, termasuk karyawan, secara berkelanjutan melalui  optimalisasi pemanfaatan sumber daya dimiliki.

Kesejahteraan akan terwujud bila perusahaan dapat menjalankan peran korporasinya dengan baik, mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan strategik lebih cepat yang terformulasikan ke dalam corporate action dan program, serta menghasilkan karyawan profesional.

Rentang kendali yang terlalu luas juga bisa membuat holding kurang efektif dan bahkan terjebak birokrasi. Tetapi cara ini dapat diatasi melalui struktur organisasi yang lebih fleksibel karena masing-masing anak perusahaan bersifat otonom. 

"Holding seharusnya hanya berperan sebagai pemegang saham dan berfokus pada hal-hal strategik," kata Adig, dalam siaran persnya, Kamis (2/10).

BUMN Perkebunan perlu belajar banyak dari korporasi multinasional yang memiliki wilayah operasi seluruh dunia. Memang BUMN Perkebunan tidak lagi bisa menggunakan cara-cara pengendalian seperti sekarang yang terlalu birokratis. Teknologi informasi sangat membantu pengendalian semua sistem operasi yang bersifat real time. Sudah seharusnya holding tidak terjebak urusan birokrasi terlalu jauh.

Nasib gula?

Sayangnya meski BUMN Perkebunan telah menyatu dalam holding, khusus untuk industri gula masih akan terjadi kompetisi yang cenderung destruktif. Masih ada PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) yang tidak melebur ke sana. PT RNI sendiri mengelola 7 pabrik gula (PG) di Jawa melalui 2 anak perusahaannya.

Konflik kepentingan dalam memperebutkan bahan baku giling berupa tebu antara PTPN Gula dan PT RNI di Jawa untuk sementara belum akan terselesaikan, apalagi lahan makin terbatas dan animo petani menanam tebu tergerogoti harga gula yang kurang bersaing dibanding komoditas agribisnis lain. Untuk menciptakan iklim persaingan sehat dan kondusif, masing-masing pihak tentu harus meningkatkan daya saing dan layanan lebih prima  baik kepada petani pemasok tebu .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×