INDUSTRI
Berita
Inilah dua nama calon pemenang tender MRT

PROYEK MRT

Inilah dua nama calon pemenang tender MRT


Telah dibaca sebanyak 1606 kali
Inilah dua nama calon pemenang tender MRT

JAKARTA. Spekulasi pemenang tender proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) akan segera terjawab beberapa hari ke depan. Sebab, Tribudi Rahardjo, Direktur Utama PT MRT Jakarta berjanji mengumumkan pemenang tender pada 4 Oktober mendatang.

"Tanggal 4 Oktober kami sampaikan pemenangnya,” kata Tribudi di Jakarta, Jumat (28/9). Ia menjelaskan, total ada 8 paket yang ditenderkan yaitu; konstruksi ada enam paket berupa tiga proyek jalur layang (elevated) dan tiga proyek jalur bawah tanah (underground).

“Proyek yang sudah matang adalah proyek jalur bawah tanah dengan nilai Rp 4 triliun-Rp 4,5 triliun,” jelasnya. Untuk paket jalur bawah tanah ini, sudah ada dua calon pemenang yang akan memenangi tiga paket proyek.

Mereka adalah konsorsium Obayashi-Wijaya Karya (Wika) dan konsorsium Sumitomo-Hutama Karya (HK). "Kami cenderung hati-hati terutama soal persetujuan dengan Jepang. Ini lelang, dan ada lebih dari satu penawaran. Serta ada satu konsorsium yang menangkan 2 paket sekaligus," sambung Tribudi.

Tribudi mengungkapkan, nominasi pemenang konsorsium underground sengaja didahulukan. Sebab, pengajuan penawarannya sudah lebih dahulu ketimbang penawaran proyek elevated. Selain itu, secara teknis, pengerjaan proyek jalur bawah tanah lebih lama.

Ia memperkirakan, pengerjaan jalur bawah tanah bisa memakan waktu 4 tahun, sedangkan untuk jalur layang hanya butuh 2 tahun. "Ujungnya pada 2016 nanti konstruksinya sudah selesai dan butuh tiga sampai enam bulan untuk uji coba operasi," jelas Tribudi.

Jika berjalan mulus, pemenang paket bawah tanah bisa mengerjakan proyek awal 2013.  

Telah dibaca sebanyak 1606 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..