: WIB    —   
indikator  I  

Kapal Kenavigasian KN Bacan siap beroperasi

Kapal Kenavigasian KN Bacan siap beroperasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kenavigasian siap mengoperasikan kapal negara Kelas I Kenavigasian KN. BACAN.

Hal tersebut ditandai oleh adanya pelepasan kapal KN. BACAN di galangan kapal PT. Orela Shipyard Gresik Jawa Timur pada hari ini, Selasa (14/11).

Direktur Kenavigasian, I Nyoman Sukayadnya menyebutkan, kapal KN. BACAN nantinya akan bertugas untuk membantu dan menjaga keselamatan pelayaran khususnya dalam mendukung fungsi kenavigasian di laut.

"Rencananya KN. BACAN ini akan dipangkalkan dan dioperasikan oleh Distrik Navigasi Kelas I Ambon," kata Nyoman dalam keterangan resminya, Selasa (14/11).

Pembangunan kapal ini dilakukan oleh PT Orela Shipyard. "Kita patut berbangga karena kebutuhan kapal di Indonesia bisa dipenuhi oleh Industri dalam negeri salah satunya di produksi oleh PT Orela Shipyard di Gresik ini,” tutur I Nyoman.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo, mengatakan bahwa ia terus memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan pekerjaan kenavigasian khususnya dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran.

Sebagai informasi, penandatanganan kontrak Pembangunan Kapal Kelas I Kenavigasian dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2015 dengan jangka waktu pelaksanaan selama 660 (enam ratus enam puluh) hari kalender dengan Kontrak Jamak (multiyears) senilai Rp 122,9 miliar.


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Rizki Caturini

TRANSPORTASI

Feedback   ↑ x
Close [X]