kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lakukan Efisiensi, Matahari Putra Prima (MPPA) Berhasil Menekan Rugi Sepanjang 2023


Jumat, 29 Maret 2024 / 13:58 WIB
Lakukan Efisiensi, Matahari Putra Prima (MPPA) Berhasil Menekan Rugi Sepanjang 2023


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang 2023, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) menunjukkan pemulihan solid sebagai hasil dari transformasi fundamental yang terlihat dari penekanan rugi jika dibandingkan dengan tahun 2022. 

MPPA berhasil menekan rugi bersih dari Rp 430 miliar sepanjang tahun 2022 menjadi Rp 255 miliar di tahun 2023. 

Sedangkan dari sisi penjualan bersih, MPPA berhasil mengumpulkan sebesar Rp 6,91 triliun. Penjualan MPPA turun tipis 1,5% dari tahun sebelumnya yang berada di angka Rp 7 triliun. 

Kinerja ini dipengaruhi oleh penurunan penjualan pada kategori tertentu karena pergeseran dalam belanja diskresioner ritel yang menegaskan kemampuan adaptasi MPPA dalam kondisi pasar yang dinamis.

Baca Juga: Harga Saham GOTO Meroket, ARTO Hingga MPPA Ikut Melesat

Penurunan rugi menurut manajemen MPPA adalah efek dari program optimalisasi dan efisiensi yang dilakukan MPPA menghasilkan penghematan yang substansial sebesar Rp 98 miliar. Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen MPPA terhadap keunggulan operasional dan manajemen biaya.

Upaya MPPA berdampak pada pengurangan yang signifikan dari rugi operasional menjadi Rp 111 miliar, perbaikan sebesar Rp 100 miliar dari tahun sebelumnya. 

Kemudian, terkait prospek ke depan  MPPA tetap optimistis terhadap prospek ekonomi di tahun mendatang, didorong oleh indikator pendukung seperti prediksi pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi yang terkendali dan terlaksananya Pemilihan Umum yang kondusif di Indonesia. 

“Dengan memanfaatkan faktor-faktor positif ini, MPPA siap untuk menangkap peluang dan meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui inisiatif strategisnya. MPPA juga akan terus melanjutkan pendekatan yang berpusat pada pelanggan, dengan berfokus pada penyediaan makanan segar dan kebutuhan keluarga sehari-hari dengan harga yang terjangkau,” ungkap Presiden Direktur dan CEO MPPA, Adrian Suherman seperti dilansir dari keterangan tertulis di Bursa Efek Indonesia, Kamis (28/03).

Baca Juga: Satu Per Satu Hypermarket Tutup Gerai, Simak Rekomendasi Analis

Peningkatan produktivitas dan efisiensi yang berkelanjutan ungkapnya akan semakin memantapkan posisi MPPA di pasar.  MPPA juga akan melanjutkan strategi optimalisasi jaringan dan peremajaan gerai sembari melakukan tinjauan komprehensif terhadap portofolio dan segmentasinya untuk mengidentifikasi prospek dan mempercepat pengembangan. 

Dengan mengandalkan teknologi, khususnya data analytics, MPPA berfokus untuk memahami perilaku pelanggan dan mendorong kegiatan pemasaran yang inovatif.

“Kami bangga dengan pencapaian sepanjang tahun 2023 yang menunjukkan peningkatan fundamental yang solid. Ke depannya, MPPA akan fokus untuk terus mendorong pertumbuhan dan profitabilitasnya. Kami berkeyakinan bahwa transformasi yang berjalan saat ini merupakan langkah yang tepat untuk MPPA dapat mengoptimalkan peluang dan meningkatkan kinerja di tahun mendatang,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×