Kontan News
  : WIB    --   
indikator  I  

PELNI akan menerapkan tiket elektronik

PELNI akan menerapkan tiket elektronik

JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) akan meluncurkan program mobile check-in bagi penumpang kapalnya. Dengan program ini, pemeriksaan tiket di atas kapal dilakukan secara elektronik. Rencananya, uji coba program akan dimulai pada April 2013.

Daniel Bangonan, Direktur Operasi PELNI ,menjelaskan bulan depan pihaknya baru melakukan soft launching program yang disebut mobile-check in tersebut. "Jadi nanti pemeriksaan tiket sudah tidak manual lagi, tapi di scan barcode-nya," ujar Daniel kepada wartawan di Gedung Dewan Pers, Kamis (28/3).

Daniel menjelaskan percobaan mobile check-in akan dilakukan di KM Labobar pada bulan depan. Dia menargetkan, sampai akhir tahun ini akan ada 3 kapal yang menggunakan sistem serupa. "Targetnya tahun 2015 semua kapal PELNI pakai sistem tersebut," ujarnya.

Manfaat dari sistem mobile check-in adalah, bisa menghindari tiket palsu saat pemeriksaan tiket. Dia juga meyakini dengan sistem tersebut data penumpang akan lebih valid dan dapat dilihat secara real time.

PELNI menargetkan, jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 5,6 juta orang tahun ini. Angka ini naik dari tahun 2012 yang mengangkut 5,21 juta orang.

 


Reporter Oginawa R Prayogo
Editor Asnil Bambani Amri

MANAJEMEN KAPAL

Feedback   ↑ x