| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.473
  • SUN97,14 0,42%
  • EMAS600.960 -0,17%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Pertamina Hulu Energi raih penghargaan lingkungan

Senin, 18 Desember 2017 / 22:37 WIB

Pertamina Hulu Energi raih penghargaan lingkungan
Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Hulu Energi (PHE) meraih tiga emas dari 11 emas yang di raih oleh seluruh unit bisnis dan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam keikutsertaan di Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tahun ini, PHE berhasil memperoleh peringkat Emas untuk kegiatan operasi eksplorasi dan produksi di Blok West Madura Offshore (PHE WMO), Blok Offshore North West Java (PHE ONWJ), dan di Blok Jambi Merang (JOB Pertamina Talisman Jambi Merang/JOB PTJM).

Ketiga Penghargaan PROPER ini diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Jusuf Kalla kepada President Director & CEO PT Pertamina (Persero), Elia Massa Manik, President Director PT Pertamina Hulu Energi, R. Gunung Sardjono Hadi, dan General Manager JOB PTJM, Indra Shahab di Jakarta melalui acara Penyerahan Penghargaan Anugerah Lingkungan PROPER yang dilaksanakan di Gedung II, Istana Wakil Presiden RI pada Senin (18/12).

R. Gunung Sardjono Hadi mengatakan, setelah mendapatkan dua PROPER Emas tahun lalu melalui PHE WMO dan JOB PTJM, PHE bertekad untuk terus memberikan kinerja PROPER yang berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. PHE WMO dan JOB PTJM sebelumnya secara berturut-turut sejak tahun 2014 berhasil mendapatkan PROPER Hijau, dan tahun 2016 akhirnya berhasil memaksimalkan kinerjanya dalam kegiatan lingkungan hidup dan kemasyarakatan dengan nilai yang sangat memuaskan dan mendapatkan PROPER Emas.

Tahun 2017 ini menjadi sangat penting, karena PHE ONWJ juga berhasil menambahkan koleksi penghargaan PROPER Emas bagi Perusahaan setelah sebelumnya secara berturut-turut mendapatkan PROPER Hijau sejak tahun 2015. Beliau menambahkan, "Karena itu, kami sangat mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh semua pihak yang mendukung program dan langkah kami untuk bisa meraih PROPER Emas,"ungkap Gunung dalam siaran pers pada Senin (18/12).

Tujuan dilakukannya program ini agar mendorong perusahaan untuk menaati peraturan perundang-undangan melalui insentif dan disinsentif reputasi; dan mendorong perusahaan yang sudah baik kinerja lingkungannya untuk menerapkan produksi bersih (cleaner production).

Sementara itu, PROPER Emas diberikan kepada penanggung jawab usaha dan kegiatan yang telah secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan (environmental excellency) dalam proses produksi atau jasa, melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Terdapat beberapa aspek penilaian untuk meraih PROPER Emas yang telah dilaksanakan oleh PHE di antaranya, memiliki sistem manajemen lingkungan yang handal, mempunyai program konservasi energi dan sumber daya alam, program efisiensi energi, pengelolaan limbah B3 yang handal, pengelolaan limbah domestik yang handal, mempunyai arah kebijakan tentang konservasi keanekaragaman hayati.

Dalam kesempatan yang sama Gunung menegaskan, capaian ini didukung oleh kegiatan pengembangan masyarakat unggulan di ketiga blok tersebut, antara lain: Taman Konservasi dan Pendidikan Mangrove di Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Jatim di PHE WMO; Pemberdayaan Anak Jalanan melalui Ekonomi Kreatif di PHE ONWJ; serta Sekolah Cinta Bumi di JOB PTJM.

Penilaian untuk meraih PROPER Emas tahun ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu verifikasi persyaratan untuk Biru dan verifikasi Hijau yang dilakukan di Jakarta oleh tim dari KLHK dibantu oleh pihak ketiga, serta untuk verifikasi Emas dilakukan peninjauan lapangan oleh Dewan Tim Penilaian PROPER.

Dalam perspektif ke depan, PHE diharapkan dapat terus melaksanakan program konservasi energi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati, serta upaya-upaya yang nyata untuk pengurangan emisi dan peningkatan program pengembangan masyarakat.

"Kami akan terus mendukung semua Anak Perusahaan yang memiliki komitmen kuat dalam merealisasikan program pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari proses bisnis yang bertanggung jawab. Komitmen kami kepada lingkungan hidup dan sosial tak pernah berubah dan kami jalankan secara konsisten," imbuh Gunung.

 


Reporter: Febrina Ratna Iskana
Editor: Dessy Rosalina

LINGKUNGAN HIDUP

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0194 || diagnostic_api_kanan = 0.3463 || diagnostic_web = 2.5231

×