kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan batubara lirik pengembangan bisnis PLTS


Senin, 08 Maret 2021 / 22:27 WIB
Perusahaan batubara lirik pengembangan bisnis PLTS
ILUSTRASI. Petugas membersihkan permukaan panel surya (solar cell) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menargetkan porsi bauran energi baru terbarukan (EBT) dalam bauran energi nasional bisa mencapai 23% di tahun 2025. Di tengah semangat peningkatan pors bauran EBT tersebut, para pelaku usaha batubara mulai melirik pengembangan  energi baru terbarukan (EBT) seperti energi surya.

Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Apollonius Andwie mengatakan, PTBA berencana menggarap proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di lahan bekas tambang dengan kapasitas masing-masing 200 MW, di Ombilin dan Tanjung Enim.

Proyek tersebut, kata Apollonius, sejalan dengan tagline perusahaan “Beyond Coal” dan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

Baca Juga: Begini rencana pengembangan bisnis EBT Indika Energy (INDY)

“Jargon dan visi tersebut memacu PTBA terus merealisasikan, satu demi satu proyek hilirisasi untuk menggenjot nilai tambah batu bara dan ekspansi bisnis ke energi baru dan terbarukan yang sudah mulai berjalan,” kata Apollonius kepada Kontan.co.id, Senin (8/3).

Saat  ini, PTBA masih membahas rencana pengembangan kedua proyek PLTS dengan pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Kementerian ESDM. Pembahasan dengan pihak PLN dilakukan sehubungan dengan rencana PTBA untuk menjadi Independent Power Producer (IPP). 

Apollonius belum merinci estimasi investasi dan prospek/potensi pendapatan yang bisa didapat dari kedua proyek. “Investasi belum bisa kami share dulu ya,” ujarnya singkat.

Perusahaan batubara lainnya,  PT Indika Energy Tbk (INDY), melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, yakni PT Indika Tenaga Baru, mendirikan perusahaan patungan atawa joint venture dengan Fourth Partner Energy Singapore Pte. Ltd.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×