: WIB    —   
indikator  I  

Travelport: Indonesia wisata digital ke-3 terbesar

Travelport: Indonesia wisata digital ke-3 terbesar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform travel niaga Travelport mengeluarkan hasil survei prilaku wisatawan global dalam menggunakan alat digital saat merencanakan travel, pemesanan, dan melakukan perjalanan.

Dalam riset tersebut, Indonesia menjadi negara di peringkat ke tiga terbesar dalam kategori wisatawan digital. Peringkat pertama diduduki oleh China dan selanjutnya adalah India.

Ketika merencanakan perjalanan, 93% wisatawan Indonesia menggunakan video dan foto dari media sosial (review), 71% menggunakan pencarian suara, 84% masih lebih memilih untuk berkonsultasi pada agen perjalanan.

Managing Director Asia Pasifik Travelport, Mark Meehan mengatakan, riset ini menunjukkan betapa pentingnya alat digital bagi wisatawan sepanjang perjalanan. "Sektor pariwisata Indonesia telah mencatat pertumbuhan signifikan 25,68% sepanjang tahun ini, melampaui kawasan Asia Pasifik dan pasar negara berkembang lainnya," ujar Mark dalam mempresentasikan hasil riset tersebut, Selasa (14/11).\

Director Travelport Indonesia, Raymond Setokusumo mengatakan, Travelport Indonesia juga terus mengalami pertumbuhan. "Peningkatan ada, kalau saya boleh bilang di Indonesia saja kami kira-kira bertumbuh sekitar 25% (year to date)" kata Raymond.

Head of Organization & inter institution ASTINDO (Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan), Bagus Priatna menambahkan, prospek bisnis travel saat ini memang tumbuh cukup tinggi. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para agen perjalanan di Indonesia untuk bisa segera beralih ke digital.

Bagus menjelaskan, untuk tren perjalanan hingga tahun depan masih unggul wisata domestik. Sementara untuk destinasi internasional ada Korea dan Jepang.

 

 


Reporter Mila Sari
Editor Rizki Caturini

INDUSTRI PARIWISATA

Feedback   ↑ x
Close [X]