kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vastland Indonesia (VAST) Bukukan Laba Rp 98,8 Miliar di 2023


Jumat, 29 Maret 2024 / 09:00 WIB
Vastland Indonesia (VAST) Bukukan Laba Rp 98,8 Miliar di 2023
ILUSTRASI. PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) membukukan laba sebesar Rp 98,8 miliar (sebelum pajak) selama 2023.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) membukukan laba sebesar Rp 98,8 miliar (sebelum pajak) selama 2023. Laba yang dicatatkan tersebut tumbuh enam kali lipat dibandingkan laba tahun sebelumnya sebesar Rp 16,6 miliar. 

Peningkatan laba tersebut antara lain berkat kenaikan nilai wajar properti investasi yang dimiliki VAST. Saat ini VAST memiliki lebih dari 27 gudang built-to-suit dan general warehouse yang tersebar di 7 wilayah di Indonesia. 

VAST antara lain beroperasi di Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Klaten, serta Tangerang melalui gudang yang baru-baru ini mereka akuisisi. 

Pada gudang-gudang di berbagai lokasi tersebut VAST melayani lebih dari 17 tenant yang bergerak di berbagai bidang dimana industri FMCG menempati posisi sebagai tenant yang terbesar. 

Baca Juga: Vastland (VAST) Gandeng Flexofast Hadirkan Gudang Penyimpanan Dingin

Tenant lainnya termasuk distributor, last-mile logistic, fulfillment center, dan retail. VAST juga memperlebar portfolio tenant mereka baru-baru ini berkat Gudang terbaru yang dioptimalkan untuk melayani perusahaan e-commerce. 

“Tentunya kami sangat bersyukur atas kinerja tahun lalu yang memang didukung oleh meningkatnya permintaan untuk jasa pergudangan terutama di lokasi strategis dalam jalur logistik. Selain lokasi strategis, kami juga bisa mempertahankan tingkat okupansi tenant berkat pengalaman kami selama ini dalam membangun dan mengoperasikan gudang. Kami juga beruntung untuk dapat menyelesaikan suatu akuisisi yang kunci yang diperkirakan akan menambah kontribusi signifikan terhadap pendapatan berulang kami,” jelas Direktur Keuangan VAST Stanley V Gunawan dalam keterangan resmi, Jumat (29/3). 

Perusahaan optimistis permintaan akan gudang masih akan meningkat di tahun ini. Hal ini tidak menutup kemungkinan VAST akan mengulangi atau bahkan melampaui kinerja cemerlang mereka untuk tahun 2024 nanti. Dengan basis pelanggan yang beragam, VAST akan mendapatkan manfaat/potensi dari pertumbuhan di berbagai sektor ekonomi.

Maraknya penjualan online dan perkembangan pasar belakangan telah menimbulkan permintaan untuk gudang yang sanggup memenuhi kebutuhan masing-masing tenant dan produk yang mereka simpan. 

Baca Juga: VAST Fasilitasi Green Warehouse Seiring Pertumbuhan Tren Pergudangan di Indonesia

VAST mengandalkan jasa gudang built-to-suit mereka untuk terus memuaskan tenant. Selain itu VAST terus menghadirkan gudang-gudang berkualitas dengan spesifikasi yang diinginkan oleh para pelanggannya dengan kriteria masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×