kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Volume penjualan GEMS naik 15,7% di kuartal dua


Senin, 24 Juli 2017 / 19:46 WIB
Volume penjualan GEMS naik 15,7% di kuartal dua


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

JAKARTA. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) pada kuartal II tahun ini berhasil meningkatkan produksi dan penjualan batubara. Produksi batubara GEMS selama kuartal II tercatat sebesar 3,02 juta ton atau meningkat 31,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 2,29 juta ton.

Sedangkan volume penjualan kuartal II tahun ini mencapai 3,17 juta ton atau naik 15,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 2,74 juta ton. Kinerja anak usaha PT Borneo Indobara menjadi katalis peningkatan produksi dan penjualan GEMS.

Volume produksi Borneo Indobara menyumbang 83,3% dari total peroduksi GEMS dan menyumbang 78,4% total penjualan selama kuartal II. Sepanjang tahun ini, Borneo Indobara menargetkan produksi 12 juta ton batubara. 

Presiden Direktur GEMS, Bonifasius mengatakan, tahun ini merupakan tahun kebangkitan pertambangan batubara. "Harga batubara telah mencapai titik keseimbangan yang baru dan lebih stabil sehingga menyebabkan pasar batubara kembali meningkat," kata dia dalam keterbukaan informasi, Senin (24/7).

Kontribusi Borneo Indobara sangat vital bagi GEMS. Borneo Indobara memiliki infreastruktur yang cukup baik dengan pelabuhan yang terletak 25 km dari pit tambang. Selain itu, Borneo pun mengendalikan jalan hauling serta conveyor belts yang terbentang 800 meter ke Laut Jawa.

Hal ini memungkinkan pemuatan langsung ke tongkang besar dan tidak harus mengalami kondisi pasang surut. Apalagi conveyor ini memiliki tingkat pemuatan tongkang sebesar 3.000 ton per jam. Perusahaan juga tengah melakukan review untuk meningkatkan infrastrukturnya.

"Saat ini GEMS melalui Borneo Indobara sedang mereview untuk meningkatkan kapasitas jalan hauling, stock pile, serta barge loading conveyor yang dapat menampung kapasitas batubara lebih dari 20 juta ton per tahun. Perusahaan siap meningkatkan produksi batubaranya sesuai kenaikan harga batubara," pungkas Bonifasius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×