: WIB    --   
indikator  I  

Wapres buka Gaikindo Automotive Conference 2017

Wapres buka Gaikindo Automotive Conference 2017

KONTAN.CO.ID -  Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto membuka Gaikindo Indonesia International Automotive Conference 2017 yang ke-12, hari ini (11/8) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Dalam sambutannya, Kalla mengatakan, industri otomotif memiliki multiplier effect yang menciptakan lapangan pekerjaan bagi jutaan orang. Ke depannya pengembangan mobil hybrid dan mobil listrik itu merupakan tantangan bagi semua pihak dan harus dijalankan segera.

"Pemerintah akan berikan kemudahan baik itu untuk penyediaan listrik. Sebab teknologi otomotif yang maju harus dibarengi infrastruktur," tuturnya. Sedangkan untuk penguatan pasar ekspor, pemerintah akan terus mengembangkan pelabuhan Tanjung priok dan Patimban untuk akses ekspor mobil.

Sedangkan Airlangga menjelaskan, Kementerian Perindustrian bersama stakeholder sedang melakukan finalisasi penyusunan peta jalan industri otomotif yang sejalan dengan Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan target penurunan Gas Rumah Kaca (GRK). Diharapkan peta jalan ini nantinya akan menjadi pegangan pihak terkait dalam menjalankan program-program ke depan yang akan mendukung ketercapaian target energi sesuai dengan amanat KEN dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). 

"Dalam peta jalan tersebut, pertumbuhan industri otomotif ke depan akan diarahkan pada pengembangan kendaraan-kendaraan ramah lingkungan, dan dikembangkan secara bertahap dengan mempertimbangkan keberlanjutan investasi, pertumbuhan industri otomotif, pencapaian komitmen penurunan emisi gas rumah kaca, dan kontribusi sektor omototif terhadap perekonomian nasional," kata Airlangga.


Reporter Eldo Christoffel Rafael
Editor Rizki Caturini

GIIAS 2017

Feedback   ↑ x
Close [X]