kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata ekspansi 4G LTE di Kalbar


Jumat, 19 Mei 2017 / 21:48 WIB
XL Axiata ekspansi 4G LTE di Kalbar


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Perusahaan telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) ekspansi layanan 4G LTE di Kalimantan Barat. Sebelumnya, layanan internet cepat XL sudah menjangkau  wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Ada delapan dari 14 kota/kabupaten di Kalbar yang kini terlayani 4G LTE XL Axiata. Kedelapan kota/kabupaten tersebut adalah Kota Pontianak, Kab. Kubu Raya, Kab. Ketapang, Kab. Pontianak, Kab. Bengkayang, Kab. Sambas, Kota Singkawang, dan Kab. Sanggau.

Secara bertahap, XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan dengan menambah area cakupan layanan di setiap kota, antara lain dengan menambah jumlah BTS 4G. Saat ini, total BTS 4G yang tersedia di seluruh Kalimantan Barat adalah 120 BTS 4G.

Cakupan layanan 4G LTE diprioritaskan di area-area yang memang paling membutuhkan akses internet cepat dan data digital, seperti pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, area publik, dan pendidikan.

Total jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Kalimantan Barat lebih dari 225.000 pelanggan. Sebanyak 73% di antaranya secara aktif menggunakan layanan data. Kenaikan trafik layanan data terutama dipicu oleh akses ke konten-konten video dan ke berbagai media sosial.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, tahun ini, pihaknya akan secara massif memperluas layanan 4G LTE ke berbagai wilayah layanan. Tidak hanya di kota-kota besar, namun juga kota-kota menengah dan kecil seperti Kalimantan Barat dan Kalimantan pada umumnya adalah daerah di mana permintaan atas layanan data terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Rata-rata peningkatan layanan data hingga mencapai 99% dalam beberapa tahun terakhir. "Karena itulah, pengembangan jaringan 4G LTE tidak bisa lagi ditunda-tunda sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan tersebut,” ujar Yessie dalam keterangan tertulis, Jumat (19/5).

Menurut Yessie, pertumbuhan trafik layanan data seiring dengan semakin tumbuhnya pelanggan yang menggunakan smartphone berkemampuan 4G. Pertumbuhan tersebut terjadi secara merata di semua wilayah layanan XL Axiata. Hal ini searah dengan strategi perusahaan untuk berfokus pada layanan data pada tahun 2017.

Itu sebabnya, belanja modal tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan layanan data dari berbagai sisi, termasuk penyediaan jaringan hingga ke pelosok daerah.

Hingga akhir tahun 2017, kabupaten/kota lain di wilayah Kalimantan yang akan mendapatkan layanan 4G LTE antara lain adalah Kab. Banjar, Barito Kuala, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Balangan, Barito Selatan, Barito Timur, Berau, Bulungan, Gunung Mas. Kemudian, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kapuas, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kutai Barat, Kutai Timur, Nunukan, Pasir, Penajam Paser Utara, Pulang Pisau, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Kota Baru, Kota Bontang, dan Kota Tarakan.

Dengan demikian aka nada sekitar 38 kabupaten/kota di Kalimantan yang tahun 2017 akan terjangkau jaringan 4G LTE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×