kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahap pertama, 15 kontrak gas turun harga


Jumat, 20 Mei 2016 / 15:31 WIB
Tahap pertama, 15 kontrak gas turun harga


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mempersiapkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM sebagai turunan dari Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Direktur Pembinaan Program Direktorat Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi menyebut, Permen ESDM yang mengatur penurunan harga gas tersebut sedang dalam tahap finalisasi dan dalam waktu dekat akan segera terbit.

Setelah Permen terbit, pelaku industri yang masuk ke dalam 15 kontrak bisa langsung mendapatkan penyesuaian harga gas yang baru. Sejauh ini, pemerintah memang telah menyisir 31 kontrak gas yang akan diberikan insentif berupa penurunan harga.

"Tahap pertama itu ada 15 kontrak yang sudah kami umumkan. Sebanyak 15 kontrak itu yang langsung, semoga tidak ada halangan," kata Agus pada Jumat (20/5) di Kantor Kementerian ESDM Jakarta.

Pelaku industri yang termasuk dalam 15 kontrak yang mendapatkan penurunan harga akan bisa mendapatkan harga gas yang lebih murah dari sebelumnya, karena dalam Perpres Penetapan Harga Gas tersebut telah diatur bahwa pengurangan harga gas ini wajib diteruskan ke pelanggan.

Jika nantinya badan usaha niaga gas yang terdapat dalam 15 kontrak tahap pertama tidak menurunkan harga gas kepada konsumen akhir, maka akan ada sanksi yang diberikan oleh pemerintah. "Izinnya bisa kami bekukan. Kalau urusan perdatanya ya tinggal hitung-hitungannya saja,"kata Agus.

Berikut 15 Kontrak Gas yang bisa langsung mendapatkan penurunan harga:

1) Pertamina EP dengan pembeli Indo Raya Kimia di wilayah Jawa Bagian Barat dengan harga baru US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,95 per mmbtu.

2) Pertamina EP dengan pembeli Krakatau Steel di Jawa Bagian Barat dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,95 per mmbtu.

3) Pertamina EP dengan pembeli Pupuk Kujang di Jawa Bagian Barat dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,48 per mmbtu.

4) Pertamina EP dengan pembeli Energasindo Heksa Karya (Bitung) di Jawa Bagian Barat dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,75 per mmbtu.

5) Pertamina EP dengan pembeli Energasindo Heksa Karya (Tegal Gede) di Jawa Bagian Barat dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,75 per mmbtu.

6) Pertamina EP dengan pembeli Energasindo Heksa Karya (Cilegon) di Jawa Bagian Barat dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,75 per mmbtu.

7) Pertamina EP dengan pembeli Sadikun Niagamas Raya (Cikarang) di Jawa Bagian Barat dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,95 per mmbtu.

8) Pertamina EP dengan pembeli Tosa Sakti di Jawa Bagian Tengah dengan harga US$ 6,93 per mmbtu dari harga lama US$ 8,22 per mmbtu.

9) Kangean Energi Indonesia Ltd dengan pembeli Petrokimia Gresik di Jawa bagian Timur dengan harga US$ 6 per mmbtu dengan harga lama US$ 6,28 per mmbtu.

10) Pertamina EP dengan pembeli Pupuk Sriwidjaja di Sumatera Selatan dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,31 per mmbtu.

11) Pertamina EP dengan pembeli Pupuk Sriwidjaja di Sumatera Selatan dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 6,55 per mmbtu.

12) Pertamina EP dengan pembeli PT Perusahaan Listrik Negara Tbk (PGN) di Sumatera Utara dengan harga US$ 6,83 per mmbtu dari harga lama US$ 8,24 per mmbtu.

13) Pertamina EP (Sumur Benggala-1) dengan pembeli PT Perusahaan Listrik Negara Tbk (PGN) di Sumatera Utara dengan harga US$ 6,83 per mmbtu dari harga lama US$ 8,24 per mmbtu.

14) PHE NSB dengan pembeli PIM di Sumatera Utara dengan harga US$ 6 per mmbtu dari harga lama US$ 7,25 per mmbtu.

15) PHE NSO dengan pembeli PIM di wilayah Sumatera Utara dengan harga US$ 6,64 per mmbtu dari harga lama US$ 7,25 per mmbtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×