kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45912,18   -11,31   -1.22%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

100 rumah di Karawang terjual ludes hanya sehari


Sabtu, 09 November 2019 / 09:10 WIB
100 rumah di Karawang terjual ludes hanya sehari
ILUSTRASI. Sektor Properti Jadi Andalan


Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bisnis properti untuk kelas tertentu, ternyata, masih berdenyut. Hal ini terbukti dari rumah-rumah kelas menengah ke bawah yang aktif ditransaksikan.

Adalah Emerald Park yang ludes terjual dalam waktu satu hari pada saat pemasaran perdana di Galeri Marketing, Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, pada Sabtu (2/11/2019). Sebanyak 100 unit rumah dengan rentang harga Rp 380 juta tipe 30/60 meter persegi, hingga Rp 600 juta tipe 60/72 meter persegi, berpindah tangan kepada pembeli.

Baca Juga: Hanson (MYRX) Mengakui Kegiatan Menghimpun Dana, OJK Belum Akan Berikan Sanksi

Fenomena ini sekaligus mengonfirmasi proyeksi para pengamat bahwa properti kelas menengah bawah tak akan pernah mati. Selain itu, menurut Managing Director Lamudi Mart Polman, minat dan permintaan hunian untuk kelas di bawah Rp 1 miliar juga sangat tinggi.

"Ini tecermin dari pencarian rumah yang didominasi oleh kelas menengah ke bawah. Menariknya para pengembang rumah menengah ke bawah ini justru paling antusias dan gencar melakukan terobosan baru," kata Mart kepada Kompas.com, Kamis (31/10/2019).

Terobosan dimaksud adalah, para pengembang kelas ini sudah mulai memanfaatkan marketing digital dalam mengampanyekan proyek-proyek mereka. Jadi, meski properti merupakan big ticket item yang memerlukan aktivitas personal tatap muka, marketing digital terbukti berkontribusi terhadap keputusan konsumen untuk membeli.

Baca Juga: Laba PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) pada kuartal III-2019 anjlok 78,75%

Terkait Emerald Park juga, menurut Presiden Direktur Emerald Land Development Dodi Pramono, dipasarkan melalui situs jual beli properti Lamudi dan OLX. "Sangat efektif dan trennya terus meningkat. Seluruh produk kami dipasarkan secara digital. Meski transaksi tetap terjadi offline," jelas Dodi kepada Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

Kendati demikian, pemasaran digital hanyalah alat untuk memudahkan publik mencari properti. Faktor penting lain yang tak kalah berpengaruh pada tingginya minat pembeli adalah lokasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 100 Rumah di Karawang Terjual dalam Sehari

Penulis : Hilda B Alexander

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×