Reporter: Nadia Citra Surya | Editor: Test Test
JAKARTA. Membaiknya pasar mobil nasional memicu produsen kendaraan mematok pertumbuhan usaha lebih tinggi tahun ini. Seperti agen tunggal pemegang merek (ATPM) Proton, PT Proton Edar Indonesia optimis pasarnya bakal membesar di Indonesia dari 0,8% pada 2009 menjadi 1,5%.
"Kami targetkan market share tahun ini bisa meningkat dari 0,8% menjadi 1,5%," kata Fransisco Sirait, Sales Training & Development Head PT Proton Edar Indonesia.
Sementara untuk penjualan kendaraannya, Proton menargetkan penjualan mobilnya bisa mencapai 4.000 unit. Jumlah tersebut tumbuh hampir dua kali lipat dibandingkan penjualan 2009 sebanyak 2.200 unit.
Proton menyiapkan sejumlah langkah untuk memenuhi target itu. Selain akan melakukan pembaruan atau modifikasi tampilan (facelift) sejumlah varian hatchback-nya, Proton juga akan menambah dilernya di Indonesia.
Tahun lalu, market share Proton di pasar hatchback cuma 5%, namun kontribusinya terhadap penjualan Proton mencapai 10% atau sekitar 100 unit. Tahun ini Proton yakin bisa mengerek kontribusi hatchback hingga 20% dari penjualan Proton.
Proton juga mematok penjualan Multi Pupose Vehicle (MPV) Axora naik dan menyumbang 40%-50% terhadap penjualan Proton. Tahun lalu, kontribusi Axora hanya 35%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News