kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

2013 nanti, luas mall di Jakarta mencapai 410 Ha


Kamis, 13 Desember 2012 / 14:40 WIB
2013 nanti, luas mall di Jakarta mencapai 410 Ha
ILUSTRASI. ShopBack menyoroti transaksi di kategori Kesehatan meningkat 3x lipat, sementara Groceries, Elektronik, dan Entertainment semuanya meningkat 2x lipat di masa PPKM.


Reporter: Oginawa R Prayogo | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Luas lokasi pusat perbelanjaan alias mall di Jakarta ternyata sudah cukup mencengangkan. Riset Cushman & Wakefield Indonesia menyebutkan, di tahun 2013 nanti, luas seluruh mall di Jakarta sudah mencapai 4.106.700 meter persegi (m2) atau sekitar 410 hektare (ha).  

Hal ini terungkap setelah Cushman & Wakefield Indonesia melakukan riset untuk menghitung luas seluruh pusat perbelanjaan yang ada di daerah Jakarta. Hasil riset tersebut kemudian disampaikan ke publik melalui acara 'Jakarta Property Market & Economic Review 2012 & Forecast 2013' di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (13/12).

Soany Gunawan, Manager Senior Cushman & Wakefield Indonesia bilang, sampai akhir tahun ini, luas ruang ritel di Jakarta tercatat seluas 382 hektare. Kemudian akan mendapatkan tambahan lagi seluas 26 ha tahun depan, yang berasal dari empat mall baru.

"Penambahan luas mall tahun depan itu belum termasuk dua hektare dari fasilitas ritel penunjang," ujar Soany. Total, penambahan luas pusat perbelanjaan tahun depan bisa mencapai 28 ha.

Tambahan empat mall yang akan berdiri tahun deoan itu adalah; St Moritz di Jakarta Barat seluas 11 ha, Ciputra World di seluas 7,7 ha, The Bay Walk di Jakarta Utara seluas 5,2 ha dan Cipinang Indah Mall di Jakarta Timur 2,2 ha.

Soany memperkirakan, dari luas lahan mall yang bertambah di 2013 itu, setidaknya akan terserap sekitar 24 ha atau 81,7%. Penyerapan lahan mall tahun 2013 diproyeksikan lebih tinggi dari tahun ini yang hanya terserap 81,4%.

"Tingginya tingkat hunian karena tingginya daya beli konsumen hingga peritel asing ikut membuka toko baru di Jakarta," tegas Soany.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×